Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 08 Des 2021 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Liburan ke Luar Negeri? Jangan Sampai Boarding Pass Kamu Dapat Kode Ini

bonauli
detikTravel
Boarding pass
Ilustrasi boarding pass (Getty Images/iStockphoto/Laurence Dutton)
Jakarta -

Penerbangan antar negara sekarang mulai terlihat kembali, tapi kamu enggak akan senang kalau lihat kode ini di boarding pass-mu.

Dilansir detikTravel dari The Sun, Rabu (8/12/2021), kode ini berupa SSSS. Biasanya kode ini akan terlihat di pojok kiri boarding pass.

SSSS merupakan singkatan dari Secondary Security Screening Selection atau Seleksi Pemeriksaan Keamanan Sekunder. Artinya penumpang yang dapat kode ini di boarding pass-nya telah dipilih untuk pemeriksaan tambahan oleh keamanan.

Siapa pun yang memiliki kode ini disarankan untuk datang lebih cepat ke bandara. Karena mereka harus melewati petugas keamanan dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

"Petugas akan menaruh perhatian khusus pada Anda dan barang bawaan Anda," tulis pernyataan tersebut.

Badan penumpang akan benar-benar diperiksa, apakah ada residu bahan peledak dan membuka semua tas bawaan.

Tak hanya itu, penumpang juga akan dimintai informasi tambahan untuk membuktikan identitas. Rincian perjalanan juga harus dijelaskan kepada petugas.

Biasanya ini hanya berlaku jika kamu terbang ke Amerika Serikat. Namun menurut beberapa informasi dari penumpang, negara-negara lain seperti Turki juga mengenakan kode ini pada penumpang.

Skema ini diperkenalkan oleh Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) setelah serangan teror 9/11. Tujuannya adalah tindakan keamanan ekstra untuk penumpang yang bepergian masuk dan keluar dari AS.

TSA mengatakan bahwa orang yang mendapatkan kode SSSS dipilih secara acak oleh komputer. Siapa pun bisa terpilih oleh komputer, meskipun membayar tiket dengan tunai atau bahkan record perjalanan secara teratur.

Kode SSSS merupakan hal yang tidak kamu inginkan di boarding pass-mu. Selain SSSS, kode GTE pun sama sialnya. Boarding pass dengan kode ini menandakan penumpang tersebut belum memiliki kursi di pesawat.



Simak Video "Penumpang Pesawat Domestik Enggak Perlu Tes Antigen-PCR, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA