Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Des 2021 21:42 WIB

TRAVEL NEWS

Sudah Tahu? Ini Letak Astronomis dan Batas Geografis Benua Amerika

Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (26/05) mengatakan bahwa Benua Amerika kini dianggap sebagai pusat baru pandemi virus Corona.
Foto: Ilustrasi benua Amerika (Getty Images)
Jakarta -

Benua Amerika terletak di antara Samudera Atlantik dan Samudra Pasifik. Bagaimana letak astronomis dan geografisnya?

Traveler tahu? Amerika merupakan Benua yang pertama kali ditemukan oleh penjelajah dari Eropa bernama Christopher Colombus pada tahun 1492. Melansir laman resmi Kemendikbud, nama Benua Amerika diambil dari penjelajah yang berjasa mempopulerkan benua baru ke Benua Eropa, yaitu Amerigo Vespucci.

Letak Astronomis Benua Amerika sendiri adalah 35 BB-170 BB dan 83 LU-55 LS, Sementara, letak geografis Benua Amerika yaitu di belahan bumi barat.

Luasnya mencapai 42. 188.000 km2. Di sekelilingnya terdapat batas-batas dengan laut ataupun samudra. Berikut batas benua Amerika:

Sebelah Utara: Laut Arktik dan Pulau Greenland
Sebelah Timur: Samudra Atlantik
Sebelah Selatan: Samudra Pasifik Selatan
Sebelah Barat: Selat Bering, Samudera Pasifik.

Benua Amerika sering dijuluki Benua Merah. Menurut buku The Red Man's Continent: A Chronicle of Aboriginal America, Benua Amerika disebut sebagai benua orang merah. Nama benua merah diambil dari suku Amerika asli.

Nah, penduduk asli Amerika disebut orang Indian Amerika, Amerindian, Amerin, Indian, aborigin Amerika atau First Nation, anggota dari salah satu masyarakat aborigin di Belahan Barat.

Disebutkan dari berbagai sumber, Suku Indian mendiami wilayah Amerika Utara. Kulit masyarakat Indian yang dikenal berwarna merah inilah yang menyebabkan benua Amerika disebut Benua Merah.

Benua Amerika memiliki empat iklim berdasarkan letak setiap kawasan, yaitu:

1. Iklim kutub : Iklim yang berciri musim dingin panjang dan musim panas yang sangat pendek. Nah, iklim ini dialami oleh daerah paling utara
2. Iklim subtropis : Iklim yang memiliki empat musim, yaitu musim dingin, semi, panas dan gugur. Iklim subtropis meliputi kawasan sebelah selatan kawasan paling utara.
3. Iklim tropis : Iklim yang memiliki curah hujan dan kelembapan tinggi serta suhu panas sepanjang tahun. Iklim tropis meliputi sebagian besar kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan
4. Iklim Gurun: Iklim yang berciri suhu yang selalu berubah-ubah dengan cepat dan curah hujan yang rendah. Iklim ini meliputi kawasan-kawasan di balik pegunungan.



Simak Video "Berfoto dengan Belut Raksasa di Desa Wai, Maluku"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA