Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Nov 2021 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

Peta ASEAN dan Kondisi Geografisnya

Tim detikcom
detikTravel
ASEAN Bahas Pengucilan Myanmar dari KTT Virtual
Foto: DW (News)
Jakarta -

Organisasi Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) terdiri dari 10 negara anggota dalam satu kawasan yakni di Asia Tenggara. Bagaimana kondisi geografis dan peta negara ASEAN?

Sekilas balik, ASEAN pertama kali dibentuk pada 8 Agustus 1967 lalu di Bangkok, Thailand dengan penandatanganan Deklarasi ASEAN atau Deklarasi Bangkok oleh negara-negara pendiri ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura serta Thailand.

Brunei Darussalam kemudian bergabung pada 7 Januari 1984 disusul Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos dan Myanmar pada 23 Juli 1997 dan Kamboja pada 30 April 1999. Dengan demikian sampai sekarang ada 10 negara yang tergabung dalam ASEAN. Organisasi tersebut dibentuk dengan tujuan mendorong ekonomi hingga memperbaiki hubungan internasional di wilayah Asia Tenggara.

Berikut penjelasan peta letak geografis negara-negara anggota ASEAN:

Kondisi Geografis Negara ASEAN


Secara geografis wilayah ASEAN terletak pada 29,1° LU - 11° LS dan 92° BT - 141° BT. Wilayah yang memiliki luas 2.257.000 km² ini terletak di antara dua samudra, yakni Pasifik dan Hindia serta terletak di antara tiga benua, yaitu Asia, Australia, dan Amerika.

Peta ASEANPeta ASEAN Foto: Google Maps

Iklim Negara ASEAN


Asia Tenggara sebagian besar beriklim tropis dengan dua musim, yakni kemarau dan penghujan. Hal ini dikarenakan wilayah Asia Tenggara terletak di daerah ekuator yang mana angin musim dari gurun-gurun di Australia berdatangan dan angin pasat dari subtropis menyebabkan tekanan udara di antara dua wilayah.

Kemudian, kondisi itu juga mempengaruhi curah hujan di Asia Tenggara. Namun, setiap negara memiliki waktu hujan yang berbeda-beda, seperti Indonesia terjadi pada bulan Oktober sampai April, di Thailand terjadi pada Oktober hingga Januari. Sedangkan, di Filipina mayoritas terjadi sepanjang tahun.

Namun ada juga yang beriklim subtropis, seperti misalnya bagian utara Myanmar.


Sumber Daya Alam ASEAN


Jenis tanah di wilayah Asia Tenggara terbagi menjadi tiga, yakni Dangkalan Sunda, Sahul, dan juga rangkaian pegunungan muda (Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania). Akibat perbedaan ini, terdapat beberapa rangkaian gunung berapi yang masih aktif seperti di wilayah Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Batas Negara ASEAN


Utara: Bersebelahan dengan Daratan China
Selatan: Bersebelahan dengan Samudra Hindia dan Timor Leste
Timur: Bersebelahan dengan Samudra Pasifik dan Papua Nugini
Barat: Bersebelahan dengan Samudra Pasifik dan India.

Nah itu dia peta ASEAN dan kondisi geografisnya.



Simak Video "Jokowi Desak Implementasi ASEAN Travel Corridor "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA