Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Des 2021 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Bandara Halim Dipoles, Operasional Pesawat Dipindah Enggak Cuma ke Soetta

Tim detikcom
detikTravel
Penerbang domestik selain mudik dibuka kembali bagi penumpang bersyarat. Meski dibuka lagi, suasana di Bandara Halim Perdanakusuma terpantau sepi pagi ini.
Ilustrasi Bandara Halim Perdanakusuma (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan menyatakan operasional pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma bakal dipindah sebagai imbas penutupan bandara yang dilakukan mulai 1 Januari 2022. Bukan hanya di Bandara Soekarno Hatta.

Penutupan bandara sarat sejarah dalam penerbangan Indonesia, Bandara Halim, dilakukan untuk revitalisasi. Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma itu diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo. Perintah revitalisasi keluar setelah Jokowi merasakan langsung bahwa runway atau landasan pacu bandara tersebut mulai terasa kasar.

Runway bandara yang dulu bernama Bandara Cililitan dan menjadi bandara pertama di Hindia Belanda yang menerima penerbangan internasional itu memang sudah cukup tua. Selain itu, tanah di sekitar Bandara Halim mulai mengalami penurunan.

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan perpindahan operasional pesawat yang ada di Bandara Halim Perdanakusuma akan dilakukan. Namun, belum ada kepastian waktunya.

Perpindahan itu menunggu penerbitan Peraturan Presiden alias Perpres. Dia menyebut Perpres itu diterbitkan sebagai payung hukum proyek revitalisasi Halim yang dimulai awal tahun depan.

"Perpindahan operasional pesawat udara sipil (yang operasi di Halim) akan dilaksanakan setelah diterbitkannya Perpres dimaksud," kata Adita ketika dihubungi detikcom akhir pekan lalu.

Adita mengatakan semua penerbangan yang ada di Halim bakal dipindah ke beberapa bandara terdekat. Setidaknya, di. tiga bandara paling dekat dengan Bandara Halim.

"Pesawat udara sipil yang saat ini beroperasi di Bandara Halim Perdanakusuma akan dipindahkan operasionalnya ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe, dan Bandara Budiarto Curug," kata Adita.



Simak Video "Bandara Halim Tutup Sementara, Penerbangan Dipindah Ke 5 Bandara Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA