Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Des 2021 10:05 WIB

TRAVEL NEWS

Siap Layani Kedatangan Internasional, Bandara Juanda Fokus ke PMI

Menteri Perhubungan di Bandara Juanda
Foto: Dok. Humas Bandara Juanda
Surabaya -

Bandara Internasional Juanda di Surabaya disebut menjadi salah satu gerbang masuk internasional ke Indonesia. Namun, khusus pekerja migran saja.

Dikutip detikTravel dari siaran persnya, Senin (27/12/2021), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan Bandara Internasional Juanda dan tempat karantina untuk melayani kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Tinjauan Menhub tersebut dalam rangka menindaklanjuti rencana pembukaan penerbangan internasional ke Bandara Juanda, khususnya bagi para PMI.

Hal ini dilakukan nuntuk mengantisipasi terjadinya kepadatan penumpang kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 3.000-4.000 penumpang per hari.

Menurut Budi, sekitar 30 persen PMI berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Pangdam, Kapolda, Sekda, dan unsur terkait lainnya. Kita akan menyiapkan di (Bandara) Juanda ini seperti apa yang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Budi.

Menhub juga meninjau kesiapan tempat karantina. Ia mengatakan dibutuhkan sekitar 1.500 kamar yang menampung sekitar 100-150 orang untuk melakukan karantina sepuluh hari.

Selain itu, Budi Karya juga meninjau Terminal Tipe A Purabaya untuk memastikan implementasi pengetatan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Ia mengapresiasi seluruh pihak terkait yang telah menyiapkan pos pelayanan vaksinasi dan tes antigen di Terminal Tipe A Purabaya.

"Perjalanan masyarakat harus dilayani dengan baik dan humanis, namun protokol kesehatan ketat harus diterapkan," kata dia

Pesan untuk traveler

Sementara itu, Kakorlantas Firman Santyabudi menyampaikan pesan kepada masyarakat agar merencanakan perjalanannya dengan baik, terutama memastikan ketentuan untuk sudah vaksin dosis lengkap dan tes Antigen 1x24 jam.

"Terima kasih kepada masyarakat yang memilih merayakan Natal dan tahun baru dengan tidak ke mana-mana. Dan untuk yang masih memilih untuk melakukan perjalanan, tetap menjaga prokes ketat dan jangan lengah membuka masker khususnya di titik peristirahatan (rest area)," ucap Firman.



Simak Video "Menhub Sudah Dapat Restu Buka Bandara Juanda Untuk Pintu Masuk PMI"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA