Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Des 2021 14:17 WIB

TRAVEL NEWS

Gratis Sih, tapi Hati-Hati Pakai WiFi Hotel

Femi Diah
detikTravel
Hotel room with wifi access sign, laptop and cup of coffee
Ilustrasi WiFi hotel (Getty Images/iStockphoto/ymgerman)
Jakarta -

WiFi hotel menjadi salah satu fasilitas gratis yang rasanya tidak bisa diabaikan. Tetapi, rupanya traveler harus hati-hati saat menggunakannya.

Menggunakan WiFi hotel menjadi salah satu cara traveler untuk menghemat bujet perjalanan. Tetapi, ternyata ada sejumlah kelemahan WiFi hotel. Di antaranya, WiFi hotel dapat dengan mudah diretas oleh scammer. So, cukup berisiko saat traveler masuk ke situs yang menyimpan informasi sensitif.

Jika Anda hanya menjelajahi web atau memeriksa berita terbaru maka kemungkinan peretas mencuri detail pribadi Anda sangat kecil. Tetapi, jika masuk ke rekening bank atau membeli sesuatu secara online dan membayarnya dengan kartu kredit, peretas mungkin dapat mencuri informasi traveler.


Cara paling aman saat menggunakan WiFi hotel adalah tidak masuk ke situs mana pun yang mengharuskan traveler memasukkan kata sandi. Biasanya itu ada di akun belanja dan mobile banking.

Selain itu, traveler sebaiknya tidak membuka akun media sosial dengan WiFi gratis hotel. Para hacker dapat menemukan detail pribadi melalui akun media sosial.

The Sun memberikan solusi agar traveler bisa lebih aman menggunakan WiFi hotel lewat HP ataupun laptop. Yakni, menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) aman yang mengenkripsi semua data Anda yang melewati WiFi .

Setelah Anda membeli VPN, yang harus Anda lakukan adalah menyambungkan ke WiFi hotel seperti biasa, lalu mengaktifkan program VPN.

Segera setelah diaktifkan, VPN akan aktif, sehingga Anda dapat menggunakan perangkat Anda tanpa khawatir peretas mengakses informasi pribadi Anda.



Simak Video "Marriott Hotel Umumkan Bakal Hengkang dari Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA