Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Des 2021 10:49 WIB

TRAVEL NEWS

Berkaca Banjir Wisatawan di Libur Natal, Klaten Perketat Prokes di Tahun Baru

Achmad Syauqi
detikTravel
Petugas Dokkes Polres Klaten melakukan swab acak di pos perbatasan Prambanan Senin (27/12) sore. (Dok. Polres Klaten)
Foto: dok. Polres KlatenPetugas Dokkes Polres Klaten melakukan swab acak di pos perbatasan Prambanan Senin (27/12) sore. (Dok. Polres Klaten)
Klaten -

Jumlah wisatawan yang masuk ke Klaten selama libur Natal mencapai 31.000 orang. Mewaspadai penularan Covid-19, protokol kesehatan akan diperketat saat libur Tahun Baru.

Jumlah wisatawan tertinggi itu dicatatkan di puncak libur hari Sabtu (25/12) dan Minggu (26/12).

"Yang hari Sabtu sekitar 14.000 dan Minggunya sekitar 17.000. Hanya ada peningkatan sedikit," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Klaten, Sri Nugroho, pada detikcom, Selasa (28/12/2021) siang di kompleks Pemkab Klaten.

Nugroho mengatakan selama puncak libur Natal, tim kabupaten berpatroli ke beberapa objek wisata besar. Secara protokol, pengunjung sudah bermasker tetapi tidak sempurna.

"Pelanggaran memang tidak ada. Kebanyakan pengunjung memakai masker tetapi hanya penggunaannya tidak pas, masker di dagu saja," ujar Nugroho.

Dari sisi sarana dan prasarana, lanjut Nugroho, objek wisata terutama mata air dan kolam renang sudah sesuai instruksi. Aplikasi peduli lindungi dan kartu vaksin sudah diterapkan.

"Sudah memakai aplikasi sesuai imendagri. Tapi yang sudah punya di android karena banyak antrean hanya menunjukkan saja," kata Nugroho.

Lebih lanjut, menurut Nugroho, Dinas sudah mengevaluasi pelaksanaan mengingat menjelang libur tahun baru. Tim lokal dan satgas akan diminta lebih optimal.

"Yang jelas tim satgas di pengelola sudah kami minta lebih dioptimalkan. Tanpa kerja sama itu akan sulit menertibkan, kita sudah sampaikan ke pengelola," kata Nugroho.

Untuk swab acak di objek wisata, Nugroho menjelaskan, belum dilaksanakan intensif. Sebab, tingkat kunjungan hanya sedang karena memang dibatasi 75 persen.

"Belum diswab intensif karena kalau saya lihat di objek wisata hanya sedang- sedang saja. Itu kondisi secara keseluruhan," kata Nugroho.

Kasat Lantas Polres Klaten AKP Muhammad Fadhlan menjelaskan dalam rangka Operasi Lilin Candi 2021 Polres melakukan swab antigen secara acak bagi pengendara dan penumpang. Langkah itu untuk memantau kondisi kesehatan serta mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Kita lakukan random sampling swab antigen Senin (27/12) pagi, siang ataupun sore. Ada yang dari Aceh, Probolinggo dan lainnya dan semuanya tidak ada yang positif," ujar Fadhlan.

Muhammad Fadhlan menyebut dalam kegiatan total ada 80 kendaraan yang diperiksa oleh petugas. Terdiri dari 57 kendaraan pribadi dan 23 sepeda motor.

"Total ada 80 kendaraan. Kemudian, yang dilakukan vaksin di tempat ada satu orang swab antigen sembilan orang," Fadhlan menjelaskan.



Simak Video "Libur Nataru, Pejabat Pemkab Sukabumi Wajib Aktifkan Ponsel 24 Jam!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA