Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 29 Des 2021 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ridwan Kamil Ancam Tutup Wisata Jika Langgar Aturan Libur Tahun Baru

Whisnu Pradana
detikTravel
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) berbincang dengan warga saat meninjau Sodetan Cisangkuy di Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (22/11/2021). Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil meninjau Sodetan Cisangkuy serta berdiskusi dengan warga terkait penanganan banjir di Kabupaten Bandung. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Foto: Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Bandung Barat -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengancam akan menutup objek wisata jika kedapatan melanggar aturan dan protokol kesehatan selama masa libur Tahun Baru.

"Nanti kalau ada pelanggaran akan ada penutupan dan sanksi dari Satgas penanggulangan COVID-19," ungkap pria yang akrab disapa Kang Emil itu kepada wartawan di Padalarang, Rabu (29/12/2021).

Selama beroperasi pada masa libur tahun baru, objek wisata wajib menerapkan aturan yang ditentukan pemerintah seperti pembatasan jumlah pengunjung dan penerapan aplikasi PeduliLindungi.

"Kuotanya (wisatawan) diperhatikan, lalu untuk aplikasi PeduliLindungi juga dipergunakan jadi bukan cuma basa basi," terang Emil.

Ia meminta pemerintah daerah untuk mengawasi aktivitas masyarakat terutama di kawasan wisata selama libur Tahun Baru nanti.

"Di setiap daerah, untuk wisata harus diingatkan di antaranya di Bandung Barat ini. Jadi saya titip pak bupati ingatkan pengelola pariwisata soal prokes jangan sampai kecolongan," beber Emil.

Bandung Barat sendiri menjadi salah satu daerah tujuan wisatawan untuk berlibur di masa libur tahun baru nanti. Terutama kawasan wisata Lembang, yang telah mengalami peningkatan hingga 30 persen saat libur Natal pekan lalu.

Pemprov Jawa Barat sendiri akan meningkatkan pengawasan di berbagai destinasi wisata di sejumlah daerah di Jawa Barat. Mereka akan melibatkan banyak pihak.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik mengatakan, pihaknya telah menyebar tim Disparbud ke delapan wilayah untuk melakukan pengawasan.

"Delapan wilayah itu adalah Bandung Raya-Lembang-Ciater, Cipanas-Kamojang-Santolo, Pangandaran, Palabuhan Ratu, Bogor-Puncak-Cianjur, Cirebon-Kuningan, serta Ciwidey-Pangalengan," kata Dedi.



Simak Video "Ridwan Kamil Soal Peluang Capres 2024: Kalau Ada Takdirnya Bismillah"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA