Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 31 Des 2021 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Buaya 4,3 Meter, Operator Tur Pamit dari Labuan Cermin

labuan cermin
Foto: Melati Raya Sihotang/d'Traveler
Berau -

Objek wisata Labuan Cermin di Berau, Kalimantan Timur begitu populer di kalangan traveler. Hanya saja, akibat penemuan buaya 4,3 meter, operator tur pun pamit.

Pada hari Rabu (29/12/2021), seekor buaya berukuran 4,7 meter ditemukan berada di kawasan wisata Labuan Cermin, Kecamatan Biduk-biduk, Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Buaya tersebut kini telah dievakuasi.

"Kami terima informasi pada pukul 08.30 Wita oleh pengelola wisata. Jadi sebelum pengunjung diberi masuk ke Labuan Cermin, dua kapal pengelola terlebih dahulu melakukan pengecekan di sekitar tempat wisata. Saat dicek ternyata ada buaya di dalam," kata Kapolsek Biduk-biduk AKP Herman saat dihubungi Rabu kemarin.

[Gambas:Instagram]




Mulanya, tim gabungan TNI AL, anggota BPBD, dan kepolisian menggiring buaya tersebut ke arah laut. Namun, karena dikhawatirkan buaya tersebut kembali ke daratan, akhirnya hewan buas itu dievakuasi ke tempat lain.

Rencananya, buaya tersebut akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim untuk dipindahkan ke tempat yang jauh dari permukiman atau wisata.

"Ini anggota BKSDA sedang perjalanan menuju ke sini untuk menjemput buaya, sementara buaya masih kami amankan dulu," jelasnya.

"Butuh 2 jam kami dapat mengevakuasi buaya ini, dengan cara digiring ke perairan dangkal dan mengaitkan mulutnya dengan tali dan dibawa menuju darat," ujar Herman.

Penangkapan buaya besar itu pun menjadi tontonan warga sekitar. "Nggak bisa dimungkiri memang setelah berhasil kami evakuasi, buaya itu jadi tontonan warga," terangnya.

Meskipun buaya sudah ditangkap, tempat wisata yang dikenal dengan air dua rasa itu tetap ditutup sementara demi memastikan keamanan para pengunjung.

"Hari ini masih kami tutup, rencananya besok kami akan melakukan pembersihan semak-semak di pinggiran untuk memastikan tidak ada lagi hewan buas yang berada di lokasi Labuan Cermin," ujar dia.

Selanjutnya: Kata operator tur

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Breaking News
×
Pengungkapan Keluarga Tewas di Kalideres
Pengungkapan Keluarga Tewas di Kalideres Selengkapnya