Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 31 Des 2021 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Dukun di Peru Bersatu Gelar Ritual Usir Covid-19

Femi Diah
detikTravel
A shaman reads coca leaves as she performs a ritual of predictions at the Wishes Market in Lima, on December 28, 2021. - With flowering baths and pinata-burning of the most hated politicians such as Peruvian President Pedro Castillo and Venezuelan Nicolas Maduro, Peruvians will receive the year 2022. (Photo by ERNESTO BENAVIDES / AFP)
Ilustrasi dukun di Peru (AFP/ERNESTO BENAVIDES)
Lima -

Dukun di Peru menggelar ritual mistik dan tradisional, termasuk persembahan kepada Dewa Bumi. Mereka meminta agar pandemi Covid-19 berakhir di tahun 2022.

Mereka berkumpul di bukit San Cristobal, tanjung paling suci di Lima, ibu kota Peru. Dukun-dukun itu datang dari daerah pesisir Peru, Pegunungan Andes, dan hutan Amazon untuk menyambut Tahun Baru.

Dengan cara dan mantra yang berbeda-beda, mereka mengharapkan kemakmuran di tahun mendatang.

"Kami berkumpul bersama untuk meminta Dewa Matahari, Dewa Air, Dewa Bumi, dan Dewa Udara untuk mengakhiri semua kekacauan ini yang telah menyebabkan begitu banyak rasa sakit dan kesedihan di seluruh planet ini," kata dukun Felix Rondan, yang datang dari wilayah Andes Ancash, seperti dilansir dari laprensalatina dan diktip dari EFE .

Mereka menaburkan benih dan kelopak bunga di atas tanah dalam lingkaran dengan angka 2022. Kemudian, mengarahkan semua persembahan mereka, termasuk daun coca suci, tanaman yang sangat dihormati oleh peradaban pra-Hispanik dan masih digunakan sampai sekarang dalam ritual semacam ini, dalam angka tersebut.

Mereka juga menuangkan chicha de jora , minuman yang terbuat dari jagung fermentasi yang sering digunakan oleh keturunan suku Inca dalam upacara pemujaan, di atas altar.

Ketika ritual selesai, Rondan bilang sangat optimistis pandemi Covid-19 akan surut pada 2022 meskipun bukan di awal tahun, kendati di bulan-bulan pertama, kesulitan masih ada karena berbagai varian Covid-19.

Para dukun tidak hanya berfokus pada pandemi Covid-19, tetapi juga melakukan upacara untuk membersihkan hal-hal negatif dalam hubungan internasional, terutama ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

Upacara itu melibatkan para dukun yang menggunakan asap rokok dan ramuan. Mereka melepaskan asap dan menuangkan ramuan itu ke foto Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dan Presiden AS Joe Biden. Menurut dukun-dukun itu, sosok-sosok itulah yang menjadi kunci perubahan dunia.

"Ini akan menjadi tahun yang sangat menguntungkan bagi semua negara. Akan ada kemajuan yang sangat baik dalam kesehatan dan konflik akan berkurang. Akan tercipta kedamaian dan ketenangan, serta kesehatan," prediksi dukun Andres De los Santos.

"Ekonomi dunia sangat terpengaruh. Amerika Serikat akan menjadi pemimpin utama yang mempengaruhi dunia," dia menambahkan.

Dalam ritual itu, mereka juga menyampaikan mantra untuk tim nasional sepakbola Peru agar tim lolos ke Piala Dunia Qatar pada 2022. Cara serupa dilakukan saat timnas Peru tampil di Piala Dunia di Rusia 2018.



Simak Video "Gerakan Alami yang Menyehatkan Tubuh dengan Yoga, Bulukumba"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA