Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 31 Des 2021 12:45 WIB

TRAVEL NEWS

Jelang Pergantian Tahun, Ratusan Wisatawan Datangi Karimunjawa

Dian Utoro Aji
detikTravel
Jelang Pergantian Tahun, Ratusan Wisatawan Datangi Karimunjawa
Foto: (Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Wisatawan berdatangan menuju ke Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah menjelang pergantian Tahun Baru 2022. Mereka ingin mengisi liburan Tahun Baru.

Pantauan di lokasi, ratusan wisatawan memadati Pelabuhan Kartini untuk menyeberang ke Pulau Karimunjawa, Jumat (31/12) pukul 08.30 WIB. Mereka berangkat dari Pelabuhan Kartini ke Pulau Karimunjawa pukul 09.00 WIB.

Satu di antara ratusan wisatawan itu adalah Muhammad Afif. Dia yang berasal dari Jakarta datang ke Pulau Karimunjawa untuk berlibur saat tahun baru ini. Afif berencana akan berada di Karimunjawa selama tiga hari.

"Ini liburan tahun baru sengaja ke Karimunjawa, baru pertama kali. Rencana ke sana tiga hari," kata Afif kepada detikcom di Pelabuhan Kartini, Jepara Jumat (31/12/2021).

Jelang Pergantian Tahun, Ratusan Wisatawan Datangi KarimunjawaJelang Pergantian Tahun, Ratusan Wisatawan Datangi Karimunjawa Foto: (Dian Utoro Aji/detikcom)

Senada dengan Afif, wisatawan asal Solo, Eni, akan mengunjungi Karimunjawa bersama sanak keluarga. Dia pun mengaku akan mengisi liburan di Karimunjawa.

"Ini dari Solo bersama keluarga ke Karimunjawa mengisi liburan tahun baru, pengen menikmati keindahan wisata bahari yang ada di sana," terang Nia ditemui pagi tadi.

Diwawancarai terpisah, Kepala Cabang Express Bahari, Jefri Putra Rukmana mengatakan, wisatawan dengan tujuan Karimunjawa tidak seramai sebelum pandemi Corona. Biasanya, menjelang liburan Tahun Baru, sehari bisa ada tiga kali perjalanan menuju Karimunjawa. Namun tahun ini hanya sekali perjalanan saja.

"Tahun ini sepi, tidak seperti sebelum adanya Corona kemarin. Kita biasanya tahun baru kayak gini bisa dua sampai tiga trip (perjalanan) kayak gitu. Ini satu trip saja tidak terlalu penuh," kata Jefri kepada wartawan ditemui di Pelabuhan Kartini pagi tadi.

"Natal juga berkurang juga. Tahun kemarin tidak seramai ini. Kan kemarin Corona ya. Itu sudah mulai dilonggarkan," sambung dia.

Jelang Pergantian Tahun, Ratusan Wisatawan Datangi KarimunjawaJelang Pergantian Tahun, Ratusan Wisatawan Datangi Karimunjawa Foto: (Dian Utoro Aji/detikcom)

Menurutnya, wisatawan datang dari luar Jepara, bahkan ada yang dari Jakarta. Harga tiket tidak ada kenaikan, yaitu kisaran Rp 100 ribu sampai 195 ribu sekali perjalanan.

"Pengunjung dari Jakarta, Surabaya, Semarang. Kita tetap protokol antigen, sama vaksin kita cek itu. Kapasitas 287 penumpang. Kebanyakan Minggu pulang," ujar dia.

Selanjutnya, kata Kepala Pelabuhan Kartini

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mengunjungi Desa Nyamuk yang Ada di Pulau Terpencil Karimunjawa"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Breaking News
×
Pengungkapan Keluarga Tewas di Kalideres
Pengungkapan Keluarga Tewas di Kalideres Selengkapnya