Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Jan 2022 19:12 WIB

TRAVEL NEWS

Mabuk, Turis Bobol Gedung Parlemen yang Dikira Hotel

Femi Diah
detikTravel
September 4 2021 - Bucharest in Romania: Facade of the Parliament Palace
Foto: Getty Images/Dynamoland
Bucharest -

Seorang turis mabuk masuk ke gedung parlemen Rumania setelah memanjat tembok setinggi 1,8 meter. Dia mengira gedung itu sebuah hotel.

Dikutip dari traveller.com, pria itu, yang diidentifikasi sebagai warga negara Irlandia, terhuyung-huyung ke halaman gedung megah tersebut sekitar pukul 04.00. Dia baru pulang dari minum-minum di kota tua Bucharest.

Setelah melewati tembok, turis itu menuju gedung dan memecahkan jendela. Kemudian, dia memasuki gedung, yang dibangun atas perintah diktator Nicolae Ceausescu, itu.

Keributan saat memecahkan kaca jendela itu membuat penjaga keamanan dan pertahanan istana membunyikan alarm tanda bahaya. Dalam prosesnya, pria mabuk itu bisa dilacak dan ditangkap.

Dalam pernyataannya, turis itu menyebut dia mengira gedung tersebut adalah hotel tempatnya menginap. Makanya, dia santai saja berkeliaran di sekitar gedung tersebut dan mencoba membuka pintu yang terkunci.

Saat diinterogasi oleh petugas, pria itu mengatakan dia keluar untuk minum-minum di ibu kota Rumania. Dia mengatakan dia tidak ingat bagaimana caranya membobol gedung.

Gedung parlemen di Bucharest itu menjadi salah satu bangunan ikonik di ibu kota Rumania. Gedung tersebut memiliki 12 lantai (tinggi 84 meter) dan delapan tingkat bawah tanah. Tingkat paling bawah merupakan bunker antiatomik yang terhubung ke lembaga negara lainnya dengan 20 km katakombe, dan terdiri dari aula utama dan beberapa apartemen tempat tinggal.

Seluruh bangunan memiliki total 1.100 kamar, yang hanya 400 yang digunakan. Luas keraton yang dikembangkan adalah 365.000 meter persegi, dan memiliki lahan seluas 66.000 meter persegi. Karena bobotnya, bangunan itu tenggelam 6 mm setiap tahun.

Gedung parlemen itu merupakan gedung terberat di dunia. Biaya pembangunan istana diperkirakan mencapai 1,75 miliar dolar pada 1989 dan 3 miliar euro pada 2006.



Simak Video "Goa Suran, Konon Dibangun oleh Ki Ageng Gribig dan Para Santrinya, Klaten"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
Adu Perspektif
×
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina Selengkapnya