Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 02 Jan 2022 05:14 WIB

TRAVEL NEWS

Pramugari: Jangan Ambil Makanan yang Jatuh di Meja Lipat Pesawat!

Meja Lipat Pesawat
Foto: Ilustrasi meja lipat pesawat (iStock)
Jakarta -

Menyantap makanan di pesawat sudah menjadi hal biasa yang dilakukan penumpang. Tapi ada saran jangan makan makanan yang sudah jatuh di meja lipat ya.

Mengutip Best Life, seorang pramugari bernama Linda Ferguson memperingatkan bahwa penumpang tidak boleh memakan sepotong makanan yang jatuh di meja nampan. Sebab, menurutnya meja tersebut tak hanya digunakan untuk makan.

"Meja nampan itu digunakan untuk segala hal," katanya kepada Reader's Digest.

"Selama penerbangan, saya melihat orang tua mengganti (pakaian) bayi di atas meja nampan. Saya melihat orang meletakkan kaki telanjang mereka di atas meja nampan," tambah Linda.

Nah, untuk memastikan bahwa meja aman menjadi tempat makan, ada baiknya traveler membersihkannya. Misalnya dengan mengelapnya dengan kain dan disinfektan sebelum dan sesudah menggunakannya.

"Ini menjijikan" kata pramugari lainnya, Jamila Hardwick kepada Inside Edition.

"Ketika petugas kebersihan datang, mereka tidak punya waktu untuk mengelap setiap nampan," tambahnya.

Studi: Meja lipat tempat paling kotor di pesawat

Tak hanya itu, menurut penelitian, meja lipat atau meja nampan pesawat merupakan tempat bagi kuman. Dalam sebuah studi di tahun 2015, situs informasi penerbangan dan kalkulator perjalanan Travel Math mengumpulkan sampel permukaan keras di lima permukaan keras di lima bandara dan empat pesawat yang berbeda.

Sampel ini dikirim ke EMLan P&K untuk pengujian. Hasilnya menunjukkan bahwa dari semua permukaan, seperti tombol flush toilet hingga sabuk pengaman meja lipat lah yang mengandung jumlah kuman paling banyak.

Sementara, pada tahun 2018, CBC Marketplace menemukan bahawa meja nampan tidak sering dibersihkan. Pada masing-masing dari 18 penerbangan yang diambil dari maskapai Air Canada, WestJet dan Porter, mereka mengelap sabuk pengaman, meja lipat, sandaran kepala, kursi dan pegangan toilet.

Setelah mengumpulkan, sampel yang diuji untuk ragi, jamur E. Coli dan berbagai jenis bakteri lainnya di Universitas Guelph oleh ahli mikrobiologi Keith Warriner, PhD. Hasilnya, Marketplace menemukan bahwa ada staph dan jamur dengan tingkat yang tinggi di permukaan meja.

Bagaimana menurut traveler?

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA