Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Jan 2022 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Malioboro Mini di Bandara Yogya, Diserbu Pengunjung Saat Nataru

Malioboro mini di Bandara YIA
Foto: Malioboro mini di bandara YIA (Jalu Rahman Dewantara/detikTravel)
Kulon Progo -

Ada duplikat Malioboro di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, DIY. Malioboro mini itu menyita perhatian pengunjung saat libur Nataru.

Replika Malioboro ini ramai dikunjungi masyarakat saat momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Ikon baru bandara yang terinspirasi dari Malioboro di Kota Yogyakarta itu jadi jujugan wisatawan.

Dari pantauan detikTravel terlihat ratusan pengunjung memadati Kawasan Tugu Malioboro yang terletak di lantai mezzanine atau gedung penghubung antara terminal keberangkatan dengan area parkir kendaraan itu.

Mayoritas pengunjung merupakan pengguna jasa penerbangan yang sejenak mampir sembari menunggu waktu keberangkatan atau baru saja pulang dari luar daerah.

Meski begitu, tak sedikit pengunjung yang bukan penumpang pesawat. Mereka sengaja datang hanya untuk melihat langsung ikon baru YIA ini sembari berwisata keliling bandara.

"Saya bukan penumpang mas, ke sini memang mau wisata aja sih. Karena katanya kan ada Malioboro mini di bandara, jadi bikin penasaran," ucap seorang pengunjung, Ari Nugroho (33) saat ditemui detikTravel di Kawasan Tugu Malioboro, Bandara YIA, Minggu (2/12/2022).

Malioboro mini di Bandara YIAMalioboro mini di Bandara YIA Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikTravel

Ari yang datang bersama keluarganya ini mengaku terkesan dengan Duplikat Malioboro tersebut. Menurutnya konsep yang diusung dalam pembuatan kawasan ini hampir menyerupai bentuk aslinya, termasuk kehadiran Tugu Pal Putih.

"Ternyata memang bagus ya, mirip kaya aslinya. Apalagi di sini juga ada wahana permainan, dinosaurus, anak saya seneng banget," ucap pria asal Purworejo tersebut.

Ditemui terpisah, Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan bahwa selama Nataru ini kawasan Tugu Malioboro Bandara YIA ramai didatangi pengunjung.

"Selama libur nataru ini cukup signifikan ya kunjungannya, karena memang di sini juga merupakan pintu kedatangan kereta api (KA Bandara YIA) melalui kawasan Tugu Malioboro ini, kemudian bisa diakses umum, sehingga selama nataru kenaikannya luar biasa," ucapnya.

Malioboro mini di Bandara YIAMalioboro mini di Bandara YIA Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikTravel

Pandu mengatakan kunjungan di kawasan Tugu Malioboro bisa tinggi karena tempat ini terbuka untuk umum. Pihaknya tidak memberlakukan aturan khusus bagi siapapun yang ingin mengunjungi kawasan tersebut.

"Masyarakat yang datang ke YIA, tidak hanya untuk menggunakan transportasi udara, tetapi banyak juga pengunjung yang hanya ingin melihat bandara ini seperti apa, contohnya di kawasan tugu Malioboro ini, yang sebenarnya merupakan kawasan penghubung terminal ke gedung parkir, namun kita sulap jadi seperti ini yang didalamnya dibuat mirip seperti aslinya, ada UMKM, sehingga banyak yang mengunjungi," ujarnya.

Miniatur Malioboro di YIA ini sudah beroperasi sejak pertengahan 2021. Seperti aslinya, ada puluhan lapak UMKM serta replika Tugu Pal Putih versi mini.

Ketika memasuki kawasan ini, kita akan merasakan suasan seperti saat mengunjungi tempat aslinya yaitu Kawasan Malioboro di pusat Kota Yogyakarta. Di tempat ini juga terdapat sudut musik pengamen, stand oleh-oleh, jajanan siap saji, becak shuttle, dan aneka wahana permainan anak. Total terdapat 20 stand UMKM, di kawasan seluas 889 meter persegi tersebut.



Simak Video "Kawasan Malioboro Dipastikan Tak Ditutup Saat Malam Tahun Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA