Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Jan 2022 11:03 WIB

TRAVEL NEWS

Dieng Membeku Lagi, Ada Embun Es di Candi Arjuna

Uje Hartono
detikTravel
embun yang menempel di rumput yang berada di sekitar kompleks Candi Arjuna, Dieng, membeku akibat cuaca dingin, Selasa (04/01/2021)
Embun es di Candi Arjuna Dieng 4 Januari 2022 Foto: Uje Hartono
Banjarnegara -

Cuaca dingin kembali terjadi di dataran tinggi Dieng pagi ini. Suhu udara turun hingga 3 derajat celcius membuat kawasan sekitar komplek Candi Arjuna membeku sehingga memunculkan fenomena embun es.

Salah seorang warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara Hasta Priyandono sempat mengabadikan fenomena alam tersebut di lapangan sekitar komplek Candi Arjuna. Embun yang menempel di rumput membeku menjadi es.

"Tadi pagi saya ke lapangan komplek Candi Arjuna dan benar ada embun es," kata dia saat dihubungi detikcom, Selasa (4/1/2022).

Menurutnya, suhu di sekitar lokasi itu sudah terasa dingin sejak Senin (3/1) malam. Saat itu, suhu udara sudah turun hingga 9 derajat Celcius.

"Tadi malam sekitar jam 9 malam udara sudah terasa dingin. Sampai muncul embun di kaca jendela. Makanya pagi hari saya keluar melihat di lapangan komplek Candi Arjuna. Tadi jam 5 pagi itu suhu sudah 3 derajat Celcius dan embun sudah membeku," terangnya.

Meski demikian, ia mengatakan embun es pagi ini lebih tipis jika dibanding biasanya. Hanya, kemunculan embun es di Bulan Januari tidak biasa terjadi. Biasanya, fenomena embun es di Dieng terjadi pada Mei hingga September.

"Kalau dibanding biasanya, pagi ini lebih tipis. Tetapi biasanya ada embun es bukan di Bulan Januari tetapi mulai Bulan Mei sampai September," kata dia.

Sementara itu, Kepala unit pelaksana teknis (UPT) Pengelolaan Obyek Wisata Dieng Sri Utami membenarkan terjadinya fenomena alam embun es pagi ini. Hanya, embun es masih tipis dan terjadi di sekitar komplek Candi Arjuna.

"Iya benar ada embun es di Dieng pagi ini. Tetapi baru di komplek Candi Arjuna dan masih tipis," ujarnya.



Simak Video "Desa Wisata Dieng Kulon Masuk 50 Besar ADWI 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA