Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jan 2022 13:17 WIB

TRAVEL NEWS

3 Alternatif Penginapan Andai Kehabisan Kamar Hotel saat MotoGP Mandalika

Femi Diah
detikTravel
Sambut MotoGP Mandalika, 398 Homestay Siap Huni
Homestay Mandalika (Dok. Kementerian PUPR)
Jakarta -

Hotel dan penginapan lain menjadi hal paling diburu menjelang MotoGP Mandalika. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) memberikan alternatif.

Ajang balap motor MotoGP Mandalika berlangsung pada 18 - 20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tiket nonton sejak kualifikasi hingga hari H balapan ludes di hari pertama pembukaan pembelian.

Akomodasi juga ramai dipesan. Bahkan, kamar kosong di hotel di kawasan Mandalika dan sekitarnya sulit untuk didapatkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyarankan tiga alternatif kepada wisatawan yang diperkirakan mencapai 100 ribu orang dapat perhelatan itu apabila kamar hotel di kawasan Mandalika penuh.

Tiga alternatif tersebut adalah menginap di homestay, menikmati glamorous camping atau glamping, atau menginap di Bali.

"Saya sudah berkoordinasi dengan semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, pengusaha, dan pengelola desa wisata untuk memberikan yang terbaik bagi para penonton MotoGP Mandalika," kata Sandiaga.

[Gambas:Instagram]


Homestay di kawasan Lombok memang sudah digenjot pembangunannya sejak tahun lalu melalui Kementerian pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dikutip dari perumahan.pu.go.id, berdasarkan data yang ada di Balai P2P Nusa Tenggara I, pelaksanaan pembangunan sarana hunian pariwisata atau sarhunta di KSPN Mandalika totalnya sebanyak 915 unit.

Jumlah tersebut terbagi menjadi dua yakni 300 unit di Kabupaten Lombok Tengah untuk mendukung ajang MotoGP dan 98 unit di Kabupaten Lombok Utara. Adapun, sisanya sebanyak 517 unit dilaksanakan pembangunan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni di sepanjang koridor pintu masuk di kawasan Mandalika.

Sementara itu, untuk urusan penginapan glamping atau glamour camping, Kemenparekraf menggandeng Bobobox untuk membangun Bobocabin. Ini adalah jenis penginapan dengan konsep elevated camping serta glamping bersama Eiger. Wisatawan dapat menginap di perkemahan mewah di alam terbuka.

Untuk hotel di Bali selama MotoGP Mandalika, traveler punya beragam pilihan. Mulai bintang lima hingga vila.

Simak video 'Ini Tempat Beli-Daftar Harga Tiket MotoGP Mandalika 2022':

[Gambas:Video 20detik]



(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA