Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jan 2022 18:42 WIB

TRAVEL NEWS

Kolam di Masjid Agung Sukabumi Dijamin Tak Lagi buat Renang Anak-anak

Siti Fatimah
detikTravel
Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi geram lantaran kolam di alun-alun Sukabumi yang tak jauh berada dari Masjid Agung beralih fungsi. Kolam ikan itu justru dipakai untuk berenang anak-anak.
Foto: 20detik
Sukabumi -

Kolam ikan yang ada di dekat Masjid Agung Sukabumi menjadi kolam renang anak. Kini, pemda menjamin tidak ada lagi yang berenang-renang.

Setelah Alun-alun Kota Sukabumi diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Sabtu (8/1/2022), kolam di Masjid Agung Sukabumi mendadak menjadi primadona warga, utamanya para bocah. Mereka bukan cuma memandangi kolam itu, tetapi sampai berenang-renang di dalamnya.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada memastikan kolam ikan tersebut sudah ditertibkan sesuai dengan fungsinya. Dia bilang kurangnya sosialisasi bikin anak-anak berenang di sana.

"Setelah peresmian, apa namanya, hari pertama itu euforia masyarakat sangat luar biasa. Sehingga ada beberapa fasilitas yang kita resmikan mungkin belum terlalu tersosialisasi terkait peruntukkannya," kata Dida di Kota Sukabumi, Rabu (12/1/2022).

Menurutnya, saat itu kedatangan masyarakat tidak terbendung begitupun dengan ibu-ibu yang membawa anaknya. Sehingga, aksi turun ke kolam ikan yang dilakukan anak-anak tidak dapat dihindarkan.

"Tapi sekarang sudah kita tertibkan, sudah kita amankan aset-aset itu. Alhamdulillah sekarang sudah berjalan sesuai dengan prosedurnya," ujarnya.

Selain itu, Dida juga mengakui, jumlah petugas yang mengawasi Alun-alun dan sekitarnya masih belum mencukupi. Ke depan pihaknya berkomitmen akan mengedukasi agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Tetap kita mengedukasi dan kita juga sudah melibatkan teman-teman yang terkait. Ini juga sebetulnya sebelum pelantikan (peresmian) sudah kita sebarkan teman-teman terkait untuk mengamankan aset. Hanya kemarin memang warga begitu datang banyak dan teman-teman juga konsentrasinya terpecah yang mengamankan," kata dia.

"Saya kira itu kejadian yang tidak terlalu membahayakan karena itu euforia dan hanya sesaat dan sudah kita atasi. Fungsinya tetap kolam ikan bukan kolam renang," dia menjelaskan.

Kolam ikan yang berada di Masjid Agung Sukabumi sudah terisi dengan beberapa ekor ikan mas meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Terlihat beberapa petugas Satuan Polisi Pamong Praja berjaga di sekitar Alun-alun.

"Kemarin karena tidak terbendung, peresmian hari Sabtu dan Minggunya pas hari libur. Sekarang sudah normal difungsikan," kata Dida.

Sebelumnya, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengunggah sebuah video yang memperlihatkan sejumlah anak tengah asik berenang di kolam ikan di dekat Masjid Agung Sukabumi melalui akun Instagram pribadinya. Dalam unggahannya itu dia cukup gerap akan aksi tidak bertanggung jawab tersebut.

"Sangat menyesalkan euforia positif kemarin harus tercoreng dengan prilaku pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Berserakannya sampah di saat telah disediakannya banyak tempat sampah. Kolam ikan yang digunakan berenang serta mandi anak-anak yang dibiarkan oleh orang tuanya," tulis Fahmi dalam akun medsosnya.



Simak Video "Lahan Sawit Disulap Jadi Agrowisata dan Edukasi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA