Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 12 Jan 2022 20:41 WIB

TRAVEL NEWS

WHO: Setengah Penduduk Eropa Akan Terinfeksi Omicron Dalam 2 Bulan

Varian Omicron disinyalir jadi penyebab lonjakan kasus COVID-19 di Inggris-Prancis. Dua negara di Eropa itu pun kini gencarkan vaksinasi COVID-19 bagi warganya.
Foto: Ilustrasi (AP Photo)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan setengah benua Eropa akan terinfeksi Omicron dalam 2 bulan mendatang. Traveler harus hati-hati ya!

Dr Hans Kluge, Direktur Regional WHO untuk benua Eropa menyampaikan hal tersebut dalam sebuah konferensi pers virtual. Dia menyebut benua Eropa dan Asia Tengah masih akan berada dalam tekanan yang hebat akibat COVID-19 pada tahun 2022 ini.

"Hari ini, varian Omicron merepresentasikan gelombang tidal baru dari Barat ke Timur, menyapu negara-negara yang dikuasai varian Delta hingga akhir 2021," kata Kluge, seperti dilansir detikTravel dari CNN, Rabu (12/1/2022).

"Pada tingkat ini, Institute for Health Metrics and Evaluation meramal, ada lebih dari 50% populasi penduduk di kawasan ini yang terinfeksi Omicron dalam 6 hingga 8 pekan mendatang," Kluge menambahkan.

Untuk negara-negara yang penduduknya belum terinfeksi Omicron, Kluge menghimbau agar penduduk mengenakan masker dengan kualitas terbaik, baik di dalam maupun di luar ruangan. Dia juga berharap agar orang-orang 'rentan' terkena Covid bisa dapat akses untuk masker itu.

Kluge juga menyampaikan kekhawatirannya dengan negara-negara yang tingkat vaksinasinya masih rendah, terutama di kawasan Eropa Timur. Dia menyebut akan banyak orang yang datang ke rumah sakit dalam kondisi parah karena belum divaksin.

"Untuk negara-negara yang belum dihantam Omicron, saat ini masih ada kesempatan untuk beraksi dan bersiap untuk segala kemungkinan," ujar Kluge.

Dalam paparannya, Kluge memberi contoh negara Denmark yang kepayahan menghadapi ledakan Omicron dalam beberapa pekan terakhir. Tingkat keparahan orang yang belum divaksin di Denmark mencapai enam kali lipat dibandingkan dengan mereka yang sudah divaksin.

Terakhir, Kluge menyampaikan lagi imbauan kepada traveler sesuai dengan rekomendasi WHO, yaitu soal menjaga higienitas, sirkulasi udara yang baik, serta menggunakan masker secara proper, baik dan benar.



Simak Video "WHO Temukan Bukti Gejala Omicron Lebih Ringan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA