Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jan 2022 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Korea Selatan Tawarkan Visa Hallyu Buat K-Popers, Begini Cara Dapatnya

Tim detikcom
detikTravel
Warga Korsel bersiap untuk merayakan Chuseok di tengah pandemi COVID-19. Stasiun kereta hingga bandara pun mulai ramai warga yang akan mudik ke kampung halaman.
Foto: Ilustrasi Korea Selatan (AP Photo/Ahn Young-joon)
Seoul -

Korea Selatan punya visa baru yang disebut 'Hallyu Visa' buat K-Popers. Kamu bisa belajar lebih dalam soal K-Pop dan K-Drama di sana. Bagaimana cara applynya?

Visa Hallyu yang ditawarkan Korea Selatan mengacu pada hiburan Hallyu atau Korean Wave seperti K-Pop, K-Drama, dan K-film yang semakin populer di seluruh penjuru dunia.

Mengutip Koreaboo, Minggu (16/1/2022) program visa Hallyu tersebut bertujuan untuk menarik masyarakat dunia yang memiliki bakat di bidang seni dan budaya. Program visa Hallyu dirancang khusus untuk memudahkan orang asing yang ingin belajar tentang budaya dan industri hiburan Korea.

Seorang pejabat senior Kementerian Kehakiman Korsel menjelaskan tujuan di balik program tersebut. Pejabat itu menyebut bahwa Visa Hallyu merupakan respons pemerintah atas melonjaknya permintaan akan pendidikan tentang konten budaya Korea.

Selain itu, visa khusus ini juga diharapkan bisa mendukung bangkitnya industri musik lokal yang dilanda pandemi.

Seperti traveler ketahui, Korean wave atau gelombang Korea telah menjadi fenomena global yang berpengaruh di industri musik, film, dan televisi di seluruh dunia. Sejak pandemi COVID-19 di 2020, gelombang Korea makin menguat dengan aksi menonjol para bintang K-pop, seperti BTS dan Blackpink, lalu diikuti oleh K-drama.

Lantas bagaimana cara mengikuti program Visa Hallyu?

Untuk memenuhi syarat program ini, Anda harus berencana untuk tinggal lebih dari 90 hari di Korea Selatan dan mendaftar di pendidikan terkait hiburan.

Menurut pejabat setempat, persyaratan lebih lanjut akan diumumkan pada paruh pertama tahun 2022. Persyaratan itu termasuk ketentuan mengenai durasi maksimum menginap dan kemungkinan persyaratan usia.

Seperti diketahui, banyak orang Indonesia yang pergi ke Korea untuk liburan, kerja, atau program pertukaran bahasa. Dengan adanya visa Hallyu ini akan memungkinkan lebih banyak lagi orang asing, terutama Indonesia yang tertarik ke Korea Selatan untuk belajar budaya Korea langsung di sana.



Simak Video "Yeorobun! Mulai 1 Juni Perjalanan ke Korea Selatan Dibuka kembali"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA