Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Jan 2022 11:13 WIB

TRAVEL NEWS

Misteri Pria yang Lintasi Perbatasan Korut-Korsel Akhirnya Terpecahkan

DMZ Korea
Foto: Perbatasan Korut-Korsel (iStock)
Pyongyang -

Seorang pria tertangkap kamera CCTV menyeberangi perbatasan Korut-Korsel secara ilegal. Misteri tentang pria tersebut akhirnya terpecahkan. Siapakah dia?

Kementerian Pertahanan Korea Selatan baru-baru ini mengonfirmasi kabar tentang adanya seorang pria yang membelot, kemudian menyeberangi perbatasan Korea Selatan menuju ke Korea Utara. Mereka menyatakan kabar itu benar.

Kejadian tersebut berlangsung pada Sabtu (1/1) lalu. Kamera CCTV area perbatasan menangkap gambar pria itu tengah menyeberang sekitar pukul 21.20 waktu setempat. Selain menggunakan bukti kamera CCTV, pria itu juga terdeteksi menggunakan kamera pengukur suhu milik militer Korsel.

Namun Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyangkal bahwa pria tersebut adalah warga Korsel. Pihak Korsel malah mengungkapkan bahwa pria tersebut sebenarnya adalah warga Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan, namun kemudian memutuskan untuk menyeberang kembali ke Korea Utara.

Dilansir detikTravel dari CNN, Selasa (11/1/2022), pihak Kemenhan Korsel tidak mengungkapkan identitas pria tersebut. Namun mereka menyebut pria itu masuk ke Korea Selatan pertama kali pada bulan November 2020. Saat ini otoritas berwenang tengah melakukan verifikasi terkait fakta tersebut.

Pasukan Gabungan Korsel-Korut yang berjaga di area Demilitiarised Zone (DMZ) sampai saat ini tidak berhasil menemukan pria tersebut. Diperkirakan dia sudah berhasil masuk ke Korea Utara sekitar pukul 22.40 waktu setempat.

"Kami sudah menerbitkan peringatan kepada pihak Korea Utara dan sampai saat ini belum ada respons dari perwakilan Korut," ujar Juru Bicara Kemenhan Korsel, Boo Seung-Chan.

Sementara itu, media-media di Korea Utara tidak melaporkan adanya penyeberang ilegal selama kurun waktu tersebut. Tidak terlihat juga adanya pergerakan mencurigakan yang dilakukan oleh militer Korea Utara.

Perbatasan Korea Utara dengan Korea Selatan (DMZ) adalah salah satu perbatasan negara dengan penjagaan terketat sedunia. Namun area perbatasan ini juga bisa dikunjungi wisatawan yang liburan ke Korsel.



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA