Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Jan 2022 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Bentuk Sandal Upanat untuk Wisatawan Naik Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Sandal khusus untuk naik Candi Borobudur.
Foto: Eko Susanto
Magelang -

Wisatawan yang ingin naik ke Candi Borobudur kini wajib menggunakan sandal upanat. Inilah bentuk sandal upanat yang terbuat dari mendong atau pandan.

Salah satu pembuat sandal upanat yakni Basiyo (57), warga Dusun Bumisegoro, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dia sebelum membuat sandal upanat yang diperuntukkan khusus bagi pengunjung naik candi mengikuti pelatihan dari Balai Konservasi Borobudur (BKB).

Saat ditemui di rumahnya, Basiyo tengah membuat sandal upanat. Sandal ini dengan alas dari mendong atau pandan yang dilapisi sponge epa. Terus untuk bagian jepitan menggunakan batok kelapa.

Sandal khusus untuk naik Candi Borobudur.Sandal upanat, khusus untuk naik Candi Borobudur (Eko Susanto/detikTravel)

Untuk produksi dalam sehari mampu menghasilkan 2 kodi atau 40 sandal. Sandal upanat yang dibuat ini nantinya akan digunakan wisatawan yang naik candi. Kemudian sandal ini aman untuk menginjak bebatuan.

"Tahun 2018 saya diundang Balai Konservasi Borobudur (BKB) untuk FGD soal penyelamatan Candi Borobudur. Kemudian supaya nggak keropos kaki-kaki candi. Dari situ muncul gagasan untuk memakai sandal untuk naik Candi Borobudur. Kemudian dari BKB mengadakan lomba desain sandal seperti ini, sandal upanat," kata Basiyo saat ditemui di sela-sela membuat sandal upanat di rumahnya, Selasa (18/1/2022).

Menurut Basiyo, sandal upanat tersebut berada di relief nomor 150 karmawibhangga. Nantinya pengunjung yang naik candi wajib memakai sandal tersebut.

"Kami sebagai perajin berharap segera terealisasi program sandal untuk naik Candi Borobudur. Ini dari bahan memanfaatkan yang ada di lingkungan sekitar sini. Pandan, ini ada di sekitar bukit Menoreh sini. Kemudian ada batok kelapa di sekitar sini juga banyak," tuturnya.

Sandal ini, kata Basiyo, kalau dipakai tidak mudah capek, kemudian juga ramah lingkungan. Untuk sepasang sandal upanat ini harganya Rp35.000.

"Kalau saya dengar-dengar nanti rencananya itu nanti akan include dengan harga tiket. Kalau yang tidak naik Candi mungkin tidak wajib pakai sandal ketika naik Candi Borobudur," tuturnya.

Selanjutnya: Tanggapan Balai Konservasi Borobudur

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Wisata Sambil Belajar Proses Budidaya Jamur Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA