Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Jan 2022 16:26 WIB

TRAVEL NEWS

Candaan Netizen: Kalau Jakarta Jabodetabek, Nusantara: Bonus Sambal Terong

Calon ibu kota baru diketahui bernama Nusantara. Keputusan tersebut berdasarkan pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditetapkan dalam UU IKN.
Nusantara Foto: dok. screenshot
Jakarta -

Baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut nama Nusantara sebagai bakal Ibu Kota baru di Kalimantan. Seperti biasa, hal itu pun mengundang reaksi warganet.

Pemerintah menjadikan Nusantara sebagai nama ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur. Nusantara merupakan nama yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari 80 opsi yang ada.

Hal ini diumumkan pada Senin (17/1) lalu oleh Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Dia menyebut ibu kota negara telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bernama Nusantara. Dia menyebut ibu kota tersebut akan berbentuk pemerintah daerah bersifat khusus setingkat provinsi.

Suharso menjelaskan alasan dipilih nama Nusantara lantaran sudah dikenal sejak dulu dan ikonik secara internasional. Selain itu, nama itu mudah menggambarkan Republik Indonesia.

"Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," ujarnya.

Di dunia maya, penamaan Nusantara untuk calon Ibu Kota baru tak luput dari tangan julid warganet. Dilihat detikTravel, Rabu (19/1/2022), malah ada yang membuatnya jadi lawakan.

Salah satunya adalah pengguna Twitter dengan akun @lamborghin***. Bahkan lewat cuitannya, sempat viral tagar bonus sambal terong yang dicuitnya berkenaan dengan nama Ibu Kota baru.

"anjir ini ibukota baru namanya kan fix Nusantara, brrti jabodetabeknya jadi BONUS SAMBAL TERONG (bontang, nusantara, samarinda, balikpapan, tenggarong)," cuitnya.

Sebenarnya apa yang dicuitkan oleh pengguna Twitter itu adalah murni bercandaan, tapi sempat viral dan disukai oleh 92 ribu pengguna. Bahkan sempat di-retweet sampai 25 ribu kali dan dikomentari 988 pengguna.

Bukan warganet namanya jika tidak ikut ramai mengomentari. Ada juga yang menyamakannya dengan nama rumah makan yang populer di Palembang.

"dah macem promo di rumah makan ampera yang di depannya ada yang jual otak otak sama mainan lele darat," cuit @bimf***

Malah, ada yang sampai mengaitkannya dengan pantauan arus mudik saat Libur Lebaran. Mungkin hal itu bisa saja terjadi di masa depan.

"Reportase mudik lebaran
".....Sementara itu, arus mudik dari Bonus sambal terong terlihat masih acar teri (aman lancar terkendali)...." cuit langlangbhua***

Terlepas dari pilihan nama Jokowi untuk calon Ibu Kota baru, tampaknya publik memang begitu antusias untuk menanti Nusantara.



Simak Video "Alasan PKS Tolak 'Nusantara' Jadi Nama Ibu Kota Baru dan Kekhawatirannya"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA