Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Jan 2022 19:16 WIB

TRAVEL NEWS

Sepak Terjang PHRI Menggenjot Okupansi Hotel Sepanjang 2021

bonauli
detikTravel
Ketua PHRI Jakarta Sutrisno Iwantono
Ketua PHRI Jakarta Sutrisno Iwantono (Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat banyak industri berubah, termasuk perhotelan. Sepanjang 2021, PHRI DKI Jakarta mengupayakan banyak cara untuk menggenjot okupansi hotel.

PHRI melakukan Rakerda II Tahun 2022 di Novotel Jakarta Mangga Dua Square Hotel, Rabu (19/1). Rapat ini dibuka dengan sambutan dari Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan tema: Bersama Kita Pulihkan Kejayaan Hotel dan Restoran Jakarta.

Selama ini ada banyak inovasi dan kegiatan yang dilakukan dalam perjalanan di tengah pandemi. Dalam evaluasi, PHRI mencatat bahwa sepanjang tahun 2021, PHRI Jakarta melakukan audiensi dan advokasi pengembangn pariwisata DKI Jakarta.

Wakil Ketua Bidang Pemasaran dan Investasi Lisa Gunawan menyebutkan beberapa hal yang telah dicapai seperti mendorong pembukaan gerbang kedatangan wisman secara bertahap dan terukur, mendorong pembukaan arus penerbangan domestik dengan regulasi yang minimal hingga mengoptimalkan sektor kuliner sebagai ikon dan signature baru pariwisata DKI.

"Untuk bidang sertifikasi dan perijinan, PHRI memperjuangkan agar serfitikasi CHSE tidak menjadi kewajiban yang menambah beban biaya," ucap Wakil Ketua Bidang SDM & Sertifikasi Erwin Dracosta Zebua.

PHRI terus memperjuangkan pengurangan listrik dan mitigasi berbiaya. Event tahunan seperti Jalan-jalan Jakarta pun dipilih sebagai kegiatan signature dari PHRI.

Sementara untuk restoran dan UMKM, PHRI memberikan dukungan kepada anggota dengan mengadakan coaching clinic. Selain memberikan edukasi dan pendampingan, PHRI juga mereposisi branding kuliner lokal dari gempuran kuliner internasional.

"Kami juga menyuarakan agar penerapan kebijakan PPKM tidak berubah terlalu cepat," ungkapnya.

Strategi paling laris yang digunakan oleh hotel adalah paket repatriasi. Paket karantina ini membuat sedikit kenaikan okupansi di hotel-hotel. Sepanjang tahun 2021 sendiri, totalnya ada 134 hotel yang ikut dalam program repatriasi. Total kamarnya ada 16.513 unit. "Ini naik dari tahun 2020, yang cuma 75 hotel," ucapnya.



Simak Video "PHRI DIY Sudah Siagakan Dua Hotel untuk Isoman Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA