Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Jan 2022 11:05 WIB

TRAVEL NEWS

8 Negara yang Putuskan Pindah Ibu Kota, Bisa Jadi Pembelajaran buat RI

Rancangan Ibu Kota Baru Indonesia Terungkap, Ini 4 Hal yang Diketahui
Foto: Istana Negara di Ibu Kota Baru (Dok. Instagram Nyoman Nuarta)
Jakarta -

26 Agustus 2019 lalu Presiden Joko Widodo mengumumkan pindahnya Ibu Kota Negara Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur, lebih tepatnya di sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Nama ibu kota baru pun sudah diumumkan yakni Nusantara dengan biaya yang disebut mencapai sekitar Rp 500-an triliun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan para investor Uni Emirat Arab (UEA) dalam Indonesia-UEA Investment Forum di Dubai, Kamis (4/11) menyebut pembangunan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur memakan biaya sebesar US$ 35 miliar atau setara Rp 503,19 triliun (kurs Rp 14.377).

"Yang pertama, pembangunan ibu kota baru Indonesia. Untuk membangun ibu kota baru setidaknya dibutuhkan dana sebesar U$ 35 miliar," kata Jokowi.

Ibu Kota BaruIbu Kota Baru Foto: Ibu Kota Baru (Fuad Hasim/detikcom)

Pemindahan ibu kota bukanlah sebuah fenomena baru. Beberapa kota dibangun oleh pemerintah di berbagai negara dengan sengaja untuk diangkat sebagai ibu kota baru. Berikut adalah beberapa ibu kota tersebut seperti dikutip dari DW:

1. Nigeria

Abuja, ibu kota Nigeria sengaja dibangun karena lokasinya yang lebih sentral dan memiliki akses yang mudah dibandingkan Lagos. Selain itu, kota tersebut juga memiliki lahan yang memadai untuk dikembangkan. Abuja merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat. Kota ini juga dibangun dengan tujuan untuk menyatukan suku, agama dan etnis yang berbeda di Nigeria.

2. Brasil

Brasilia juga sengaja dibangun untuk menjadi ibu kota Brasil, menggantikan Rio de Janeiro. Berbeda dengan Rio de Janeiro yang lebih padat, Brasilia dibangun dengan lebih tertata, di mana bagian-bagian kota dialokasikan untuk kepentingan yang berbeda-beda.

3. Australia

Canberra resmi dipilih sebagai ibu kota Australia pada 12 Maret 1913. Saat Canberra masih dibangun, Melbourne merupakan ibu kota sementara. Canberra menjadi letak pusat administrasi dan tempat gedung-gedung pemerintahan.

4. Kazakhstan

Kazakhstan memindahkan ibu kotanya ke Astana, yang telah berganti nama menjadi Nursultan, sebagai bentuk penghargaan terhadap mantan presiden Nursultan Nazarbayev. Pergantian pusat Kazakhstan dari kota lama, Almaty ini dilakukan karena lokasinya yang lebih mudah diakses untuk Rusia dan rendahnya peluang gempa bumi merupakan beberapa alasan pemindahan ibu kota ini.

5. Pakistan

Pertimbangan Pakistan dalam memilih ibu kota baru adalah mencari kota yang bisa merepresentasikan keberagaman bangsanya. Selain itu akses yang mudah, serta terpisah dari aktivitas ibu kota sebelumnya, Karachi. Islamabad merupakan kota yang bersih, luas dan memiliki banyak ruang hijau dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Pakistan.

6. Myanmar

Ibu kota Myanmar dipindah dari Yangon ke Naypyidaw pada tahun 2005. Naypyidaw memiliki letak yang lebih sentral dibandingkan Yangon dan kemudian menjadi lokasi pusat administrasi pemerintahan Myanmar.

7. Mesir

Mesir membangun ibu kota yang dikabarkan memakan total biaya sebesar 58 triliun dolar. Akhir Desember lalu pejabat pemerintah sudah mulai melakukan rapat kabinet di New Cairo yang letaknya sekitar 35 km arah timur dari Kairo lama. Tujuan dibangunnya ibu kota baru ini adalah untuk memperkuat potensi ekonomi negara, dengan adanya tempat-tempat baru untuk hidup, kerja dan dikunjungi.

8. Malaysia

Malaysia sudah lebih dulu memindahkan pemerintahannya dari Kuala Lumpur ke Putrajaya. Pembangunan dimulai tahun 1990-an, saat Malaysia dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia saat itu, Tun Dr Mahathir Mohamad. Malaysia memindahkan ibu kota dari Kuala Lumpur karena sudah terlalu padat sehingga pusat pemerintahan Malaysia perlu dipindahkan ke tempat lain.

Di Putrajaya juga dibangun transportasi, perumahan, dan rumah ibadah selain gedung-gedung perkantoran pemerintah, dengan bangunan yang ramah energi dan hemat air.

Simak Video 'UU IKN Disahkan-Ibu Kota Baru Bernama Nusantara':

[Gambas:Video 20detik]




(ddn/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA