Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Jan 2022 14:18 WIB

TRAVEL NEWS

Viral di Medsos Kondisi Terkini TMII Tampak Terbengkalai

Putu Intan
detikTravel
Presiden Jokowi mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari yayasan keluarga Soeharto kembali ke negara.
Taman Mini Indonesia Indah. Foto: Grandyos Zafna

FOKUS BERITA

Wajah Baru TMII
Jakarta -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mendadak menjadi perbincangan netizen di Twitter. Ini bermula dari video yang memperlihatkan kondisi terkini TMII.

Dari pantauan detikcom, akun @RomitsuT mengunggah sebuah video kompilasi yang membandingkan kondisi TMII sebelum dengan sesudah dikelola pemerintah. Video berdurasi 2 menit 20 detik itu diposting pada Rabu (19/1/2022) malam.

Dalam tweetnya, ia menulis, "TMII sebelum dan sesudah diambil alih dan dikelola oleh pemerintah. Ambyeaaarrrrrrrr.......merusak bukan menambah baik."

Tweet itu mendapatkan atensi warganet yang cukup besar. Hingga berita ini diturunkan, tweet itu telah disukai dan diretweet lebih dari 1.000 kali.



Netizen juga ikut mengomentari postingan itu dengan memberikan testimoni kunjungan mereka ke TMII baru-baru ini.

"True, akhir pekan iseng masuk bayarnya 2org+1mbl 75rb dan didalamnya banyak yg mangkrak Wajah menunjukkan kemenangan rame karena acara paguyuban aja sambil setel musik kenceng2," kata netizen.

"Kok malah serem. Arena bermain jadi kaya uji nyali," komentar yang lain.

"Padahal tmii tuh hiburan murmer, coba deh tiap weekend atau musim liburan lewat ke daerah situ muacetnya puol. sayang banget kalau sekarang jadi ga terawat gitu," ujar netizen.

detikcom kemudian menanyakan perihal kondisi TMII itu pada Kepala Humas TMII Adi Widodo. Adi mengatakan, saat ini TMII sedang direnovasi.

"TMII memang sedang direnovasi. Detail rencana silakan hubungi PUPR. Perpres Nomor 116 tahun 2021 sebagai dasarnya, " kata Adi saat dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (20/1/2022).

Sebelumnya, Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono mengatakan TMII akan dipercantik dengan penataan khusus. Penataan dilakukan untuk menyongsong event G20.

Penggarapan itu, katanya, dimulai pada Januari dan direncanakan rampung pada Agustus atau paling lambat September. Sampai saat ini juga belum jelas apakah TMII akan ditutup total untuk wisatawan atau tidak.

"Kita berharap nanti ada satu kegiatan side event G20 di Taman Mini, seperti juga di Borobudur, Prambanan. Borobudur, Prambanan itu juga menjadi tempat untuk side event G20 juga, tapi kalau Borobudur, Prambanan sudah ready tinggal pembenahan sedikit, tapi kalau Taman Mini perlu renovasi dan lain-lain," kata Edy kepada wartawan di sela-sela Soft Opening Borobudur Edupark di Mungkid, Kabupaten Magelang, Sabtu (15/1/2022).

Pembangunan TMII akan dilakukan dalam beberapa tahap. Edy menjelaskan, untuk tahap pertama masih penataan kawasan guna mengembalikan sebagaimana layout yang ada. TMII diharapkan dapat menunjukkan keindahan Indonesia.

"Itu harus menjadi betul-betul tempat orang melihat keindahan budaya bangsa kita," kata dia.

"Kalau sekarang kan banyak fungsi-fungsi komersial lain yang masih tumpang tindih. Nah itu sedang kita tata ulang. Jadi orang datang ke situ, dia betul-betul bisa merasakan suasana budaya Indonesia," tuturnya.



Simak Video "Antrean Tiket TMII Mengular dan Bikin Macet, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)

FOKUS BERITA

Wajah Baru TMII
BERITA TERKAIT
BACA JUGA