Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Jan 2022 05:25 WIB

TRAVEL NEWS

4 Hal yang Mesti Disiapkan Desa Wisata untuk Menarik Wisatawan

ayok bergaya pro seperti penari budaya Pampang
Foto: Ilustrasi desa wisata (detik)
Jakarta -

Desa wisata punya potensi sangat besar untuk berkembang di masa depan. Tapi ada 4 hal yang mesti disiapkan agar bisa menarik wisatawan. Apa saja?

Desa wisata dianggap memiliki potensi yang sangat besar. Apalagi desa wisata yang punya keunggulan alam dan budaya.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya menyebut ada 4 hal yang perlu disiapkan desa wisata untuk menarik wisatawan datang ke sana.

1. To See

Yang pertama tentu saja to see alias apa yang dilihat. Desa wisata perlu menyiapkan apa yang kira-kira mau dilihat wisatawan, bisa itu alamnya, budayanya atau pun atraksi man made alias buatan manusia.

"Bagaimana kita menyiapkan agar para wisatawan ketika melihat aman, nyaman dan tenang. Apa yang dilihat? macem-macem, bisa heritage, bangunan, budaya, alam, apapun, tidak terbatas. Itu lah yang harus kita eksplor," ungkap Wisnu dalam acara Rapat Koordinasi dan Kick Off Pendampingan SDM Desa Wisata di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Kamis (20/1/2022).

2. To Do

Yang kedua adalah To Do atau aktivitas apa yang menarik bagi wisatawan. Desa wisata perlu membuat sebuah kegiatan dimana wisatawan merasa enjoy untuk melakukannya.

"Bisa permainan tradisional yang bisa kita angkat. Saya pikir budaya kita lebih beragam untuk bisa dieksplor," imbuh Wisnu.

3. To Learn

Yang ketiga yaitu To Learn alias wawasan atau pengetahuan apa yang bisa didapatkan wisatawan ketika berkunjung ke suatu desa wisata.

"To Learn itu apa pelajaran yang bisa kita dapatkan dari destinasi itu. Bisa dengan sebelum kita ajak keliling desa wisata, wisatawan itu mendapat penjelasan dari pemandu, bila perlu ditayangkan video pendek," terang Wisnu.

4. To Buy

Terakhir, yaitu To Buy alias akan membeli apa wisatawan itu setelah berkunjung ke desa wisata. Desa wisata perlu menyiapkan produk-produk unggulan untuk dibeli wisatawan.

"Habis puas jalan-jalan di desa wisata, beli oleh-oleh. Jangan sampai turis banyak, tapi dia tidak belanja apa-apa. Di sini lah hubungan ekonomi kreatif dengan pariwisata. Kita siapkan produk ekraf, kita dorong ekraf di sana sehingga UMKM kita bisa hidup," pungkas Wisnu.



Simak Video "Karakteristik Membangun Spot Desa Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA