Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Jan 2022 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Proyek Tol Jogja-Bawen Segera Mulai, Candi Borobudur Terdampak?

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi proyek Yogyakarta-Solo
Ilustrasi tol (Ragil Ajiyanto/detikcom)
Jakarta -

Proyek pembangunan Tol Jogja-Bawen segera dimulai. Lantas bagaimana nasib kawasan wisata Candi Borobudur?

"Jalan tol Yogyakarta-Bawen terutama di Kabupaten Magelang tidak mengenai Candi Borobudur," ujar perwakilan tim persiapan pengadaan tanah pembangunan jalan tol Jogja-Bawen dari Pemprov Jawa Tengah, Endro Hudiyono seperti dilansir Antara, Jumat (21/1/2022).

Justru, lanjut Endro, pembangunan tol ini akan mendukung pengembangan kawasan wisata tersebut. Jalan tol Jogja-Bawen akan mendekatkan akses ke kawasan objek wisata Candi Borobudur, sehingga diharapkan bisa mendongkrak pariwisata di daerah sekitar.

"Secara umum selain manfaat akses bagi mobilitas masyarakat, keberadaan tol untuk meningkatkan investasi dan pertumbuhan perekonomian bagi kabupaten penyangga di sekitar Kabupaten Magelang, seperti Kabupaten Semarang, Temanggung, Purworejo, Boyolali, Wonosobo, dan Kota Magelang," ujar Endro.

Candi Borobudur, lanjutnya, merupakan destinasi wisata super prioritas sekaligus kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), sehingga jalan tol juga menjadi destinasi kawasan pariwisata di sekitar candi. Dengan demikian, secara bertahap jika tol Jogja-Bawen sudah dapat dioperasikan, maka perekonomian di beberapa kabupaten penyangga itu juga bisa menerima manfaat dari pembangunan jalan tol.

Endro menyebut, di kawasan Kabupaten Magelang sendiri direncanakan ada dua tempat istirahat (rest area) tol Jogja-Bawen yang bisa menjadi etalase promosi bagi UMKM setempat untuk menampilkan produk lokal andalan.

---


Artikel ini telah tayang di detikJatim. Untuk informasi dan berita seputar Surabaya, Malang, dan daerah-daerah di Jatim, klik di sini.



Simak Video "Ribuan Umat Buddha Kirab dari Candi Mendut Menuju Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA