Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Jan 2022 12:00 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan ke Yogya, Bagai Memasuki Mesin Waktu

Sponsored
detikTravel
Royal Ambarrukmo
Foto: Royal Ambarrukmo
Jakarta -

Dua tahun sudah situasi tidak menentu yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 masih belum usai dan entah kapan akan berakhir. Kini masyarakat telah didukung dengan adanya program pemerintah untuk vaksinasi guna mengurangi dampak atau efek penyebaran COVID-19. Bahkan anak-anak dan remaja kian banyak yang telah menerima vaksin.

Kerinduan untuk melakukan perjalanan atau traveling di dalam negeri rasanya seolah tak terbendung. Ada baiknya sembari merencanakan perjalanan, kamu mulai mempersiapkan ekstra bawaan berupa berbagai perlengkapan untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID-19.

Pilihan destinasi dan tempat menginap kini menjadi daya tarik masyarakat. Masyarakat sudah mulai lebih merasa aman dan nyaman di destinasi yang melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Salah satu destinasi favorit beberapa tahun terakhir ini adalah Yogyakarta.

Selain letaknya yang sangat strategis, dan menjadi tujuan dengan akses yang mudah dijangkau oleh wisatawan, baik dari dalam maupun luar Jawa. Selain itu, Yogyakarta juga terus berbenah dari sisi tata kota, penambahan fasilitas kemudahan dan kesehatan untuk wisatawan, pembukaan destinasi-destinasi alam baru, kemudahan dan kemajuan akses digital. Di samping inovasi seni yang tiada henti serta budaya Jawa yang lestari dengan kisah sejarahnya, menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan.

Royal AmbarrukmoFoto: Royal Ambarrukmo

Berkunjung ke Yogyakarta seperti masuk ke sebuah mesin waktu. Seolah kita diajak kembali pada masa lampau. Kekayaan sejarah dan perpaduan budaya membuat Yogyakarta kaya dengan peninggalan bangunan-bangunan kuno yang rata-rata hingga kini masih terawat dengan baik.

Karakter masyarakatnya juga ramah dan menyejukkan sehingga membawa suasana kota ini pada ketenangan, dan penuh kesederhanaan yang mempesona. Yogyakarta, sebuah kota tua yang lestari hingga kini, memiliki banyak kisah sejarah masa lalu yang menarik untuk selalu ditelusuri. Bahkan kini Yogyakarta semakin mempercantik diri sebagai kota yang ingin mengembalikan wajah indah tempo dulu yang klasik pada peradaban modern masa kini.

Sebagian bangunan kuno di Yogyakarta yang masih lestari difungsikan sebagai rumah tinggal. Sebagian lagi digunakan sebagai perkantoran, serta diabadikan menjadi museum, maupun dikonservasi serta beralih fungsi menjadi hotel. Di antara sekian banyak hotel yang bercikal bakal dari sebuah bangunan kuno, hotel di Yogyakarta yang menjadi salah satu ikon adalah Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Royal AmbarrukmoFoto: Royal Ambarrukmo

Nama Ambarrukmo yang abadi semenjak dulu bertahan hingga kini menjadi salah satu hotel bintang lima termewah di Yogyakarta. Nama awalnya 'Ambarrukmo Palace Hotel' berubah menjadi Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Adapun makna kata Ambarrukmo adalah tanah yang harum. Sama seperti harapannya, tanah yang sangat berharga ini akan bertahan dari masa ke masa dan termasyhur.

Hotel yang berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto ini mengkonservasi dan mempertahankan 2 bangunan lama dalam satu kompleks area Ambarrukmo. Cikal bakal kehidupannya berasal dari Pendopo Agung Ambarrukmo yang terletak di sebelah bangunan hotel. Bangunan pendopo ini dibangun sejak 1857 dan pernah menjadi pesanggrahan bagi Sri Sultan Hamengku Buwono VII, dan masih kokoh berdiri hingga kini sebagai bagian keselarasan perjalanan bagunan hotel yang modern dibangun sejak 1964.

Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta memiliki 247 kamar yang telah direnovasi dengan konsep lebih mewah, namun tanpa meninggalkan unsur-unsur tradisional Jawa. Royal Ambarrukmo menjadi satu-satunya hotel yang memiliki sejarah kehidupan bangsawan Kraton Yogyakarta di masa lalu, dan menjadi daya tarik khususnya bagi wisatawan yang kembali bernostalgia dengan ingatan masa kecil tentang hotel ini yang dari dulu telah berdiri megah sebagai hotel bintang lima pertama di Yogyakarta.

Royal Ambarrukmo juga menjadi salah satu destinasi wisata lengkap. Bangunan Royal Ambarrukmo berkonsep city resort dan berada di kompleks urban, bersebelahan dengan Plaza Ambarrukmo yang merupakan tempat belanja berkelas dan terlengkap. Selain itu juga memiliki kualitas udara pagi yang segar, yang berasal dari taman yang luas dengan hijaunya pepohonan.

Royal AmbarrukmoFoto: Royal Ambarrukmo

Pengunjung bisa sambil berwisata sejarah, karena hotel ini merupakan legenda bersejarah dengan peninggalan Kedaton atau Keraton Ambarrukmo yang kini dikenal dengan nama Pendopo Ambarrukmo.

Pendopo Ambarrukmo, sebagai bagian heritage site ini terus dihidupkan dengan adanya berbagai macam kegiatan seni dan budaya yang rutin dilaksanakan. Tak hanya menjadi fasilitas untuk tamu yang menginap, melainkan juga terbuka bagi masyarakat umum yang hendak bergabung.

Setiap hari Senin hingga Minggu, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Seperti Kelas Suling Bambu yang digelar di Senin sore. Ada pula Tari Jawa Klasik untuk dewasa dan remaja setiap Selasa dan Kamis, Tari Jawa Kreasi untuk anak-anak dan Jemparingan - panahan tradisional gaya Mataraman di hari Jumat, Yoga di Sabtu dan Minggu pagi, serta Kelas Violin Anak setiap Minggu sore. Semua kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo, Gadri, dan Bale Kambang agar budaya dan tradisi terus lestari, serta diminati dan dicintai seluruh generasi.

Royal AmbarrukmoFoto: Royal Ambarrukmo

Yogyakarta sebuah destinasi yang lengkap dari sejarah, seni dan budaya Jawa yang kaya, wisata alam, juga menjadi destinasi bisnis, MICE. Bahkan pernikahan yang kini justru marak dipilih oleh kalangan muda yang mencintai keunikan dari budaya Jawa dan memilih Yogyakarta sebagai destinasi pernikahan. Ada juga yang memboyong sanak keluarga untuk menghadiri pernikahan yang digelar megah di berbagai pilihan tempat yang kini lebih beragam.

Sebelum melakukan perjalanan wisata, pastikan destinasi wisata dan menginap saat ini telah teruji dan tersertifikasi CHSE sehingga kepercayaan masyarakat meningkat untuk menjadi pilihan tempat menginap dengan fasilitas terbaik, dengan standar protokol kesehatan yang ketat. Informasi selengkapnya cek di sini!

(Content Promotion/Royal Ambarrukmo)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA