Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 23 Jan 2022 19:05 WIB

TRAVEL NEWS

Formasi Es Misterius Muncul di Chicago, Mirip Pancake

Pancake es di Chicago
Pancake es di Chicago, AS (Foto: CNN)
Jakarta -

Formasi es yang tak biasa nan misterius muncul di perairan Chicago. Fenomena pancake es itu terjadi pada minggu ini.

Anda mungkin pernah mendengar tentang badai salju atau pusaran kutub. Tetapi pernahkah Anda mendengar tentang es berbentuk pancake?

Nama-nama unik ini terdengar menarik tetapi membutuhkan kondisi cuaca tertentu. Minggu ini es pancake ditemukan di sepanjang garis perairan Chicago di Danau Michigan.

Sharan Banagiri mengambil foto di Pantai Loyola di Rogers Park, sekitar 10 mil sebelah utara pusat kota. Banagiri mengatakan kepada CNN bahwa foto-foto ini diambil di jalan setapak menuju mercusuar.

Banagiri mencatat suhu pada saat foto diambil sekitar -6 derajat Celcius. Cakupan es Great Lakes saat ini mencapai 21,9% yang merupakan yang tertinggi dalam enam tahun terakhir.

Karena, Danau Michigan juga pernah memiliki sekitar 20% tutupan es, mendekati rata-rata hingga saat ini pada tahun 2019.

Sepanjang tahun ini, karena suhu dingin yang membeku di sebagian besar AS bagian utara, keanehan seperti pancake dan bola es bermunculan.

Pancake es, seperti namanya, terlihat persis seperti yang Anda kira, berbentuk piringan datar bundar yang terbuat dari es. Mereka umum di Kutub Utara tetapi biasanya hanya mulai muncul di 48 negara bagian bawah setelah suhu berada di bawah titik beku selama beberapa hari.

Fenomena ini terbatas pada badan air seperti sungai, danau, atau lautan.

Setelah badan air tersebut bersuhu cukup dingin, bongkahan es yang sudah mulai terbentuk akan saling berbenturan membentuk cakram berbentuk elips dengan ujung membulat.

"Fenomena pancake es adalah tonjolan yang terangkat di sekelilingnya, yang disebabkan oleh pancake yang bertabrakan satu sama lain dari gelombang," jelas Pusat Data Salju dan Es Nasional.

Ryan Alioto juga memanfaatkan suhu dingin yang bergerak melintasi wilayah Great Lakes mengambil foto dan video dengan drone-nya pada hari Kamis, dan menerbangkannya di atas Danau Michigan di Chicago. Dia mengatakan bahwa pada saat dia mengambil rekaman itu, suhunya sekitar 17 derajat.



Simak Video "Musim Dingin Dijadikan Senjata Pemusnah Massal, Ukraina Evakuasi Warga "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA