Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Jan 2022 16:23 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Pakai Mesin Kopi di Kamar Hotel, Yakin Sudah Bersih?

Putu Intan
detikTravel
coffee machine makes two coffee with coffee beans on background
Ilustrasi mesin kopi. Foto: Istock
Jakarta -

Salah satu fasilitas gratis di kamar hotel adalah mesin pembuat kopi. Tapi hati-hati ya, kamu harus tetap memeriksa kebersihan alat itu.

Seorang pegawai hotel yang sudah bekerja selama 10 tahun, menceritakan hal-hal yang jarang diketahui para tamu ketika menginap di hotel. Melalui akun Tiktok @hotel_hacks, ia membagikan video yang khusus membahas tentang mesin kopi di kamar.

Ia menuturkan, staf jarang membersihkan mesin kopi. Jadi, jika seseorang menggunakan mesin kopi sebelum tamu datang, mesin itu tidak akan dikosongkan atau dilap.

Ini membuat air di dalamnya menggenang dan mengundang jamur serta bakteri untuk tumbuh di sana.

"Jangan dan saya ulangi, jangan gunakan mesin kopi di kamar Anda," kata dia.

"Semua air yang digunakan dan terkumpul di mesin kopi akan menyebabkan kelembapan, yang menjadi tangki bagi bakteri, jamur dan kuman. Itu menjijikkan," imbuhnya.

Jamur di Mesin Pembuat KopiJamur di Mesin Pembuat Kopi. Foto: (Reddit)

Pemilik akun Tiktok itu juga menjelaskan, para pegawai jarang mengganti seprai dan handuk, apalagi mesin kopi. Ia kemudian menyarankan, bila tetap ingin menikmati kopi, lebih baik memesannya.

"Ini yang harus Anda lakukan, selalu pesan dari layanan kamar karena mereka terus membuat kopi dan teh yang segar," ujarnya.

"Kopi dari layanan kamar memiliki kualitas terbaik dan sebagian besar hotel bintang empat dan lima juga memiliki layanan kopi gratis di pagi hari," sambungnya.

Video ini lantas mendapatkan perhatian besar dari pengguna Tiktok. Video tersebut sudah ditonton lebih dari 20 ribu kali dan ditanggapi dengan beragam komentar.

Salah satu pengguna Tiktok membagikan tips menggunakan mesin kopi. Setidaknya, ia menggunakan air untuk membersihkan mesin sebelum dipakai. "Pada kesempatan tertentu saya hanya mengalirkan air sebanyak tiga atau empat kali sebelum menggunakannya," kata dia.



Simak Video "Pengalaman Menginap di Plataran Menjangan Resort and Spa di Bali Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA