Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 25 Jan 2022 22:24 WIB

TRAVEL NEWS

Bayi Orang Utan Minum Susu Botol, Kera-kera Lain Jadi Tertarik

Syanti Mustika
detikTravel
Anak orangutan minum susu botol
Bayi orang utan harus minum susu dari botol Foto: (dok Audobon Zoo)
Jakarta -

Seekor bayi orang utan Sumatra mengalami kondisi tidak biasa saat baru lahir. Terpaksalah dia menggunakan susu botol untuk mencukupi kebutuhannya. Hal ini malah membuat kera lain jadi tertarik.

Diberitakan Fox News, Selasa (25/1/2022) seekor anak orang utan Audobon Zoo di New Orleans terpaksa minum susu dari botol setelah dilahirkan. Karena ibunya mengalami masalah dalam laktasi.

Awalnya, orang utan berusia 112 tahun bernama Menari melahirkan bayi kembar pada malam Natal 2022 silam, namun sayangnya salah satu bayinya mati.

Satu-satunya yang selamat pun juga menunjukkan tanda-tanda lemah. Dan dalam beberapa hari kemudian kondisinya semakin buruk dan terlihat tidak dirawat oleh ibunya.

Anak orangutan minum susu botolAnak orang utan minum susu botol Foto: (dok Audobon Zoo)

Dokter hewan pun memeriksa Menari dan ternyata si ibu punya masalah dalam laktasi. Dia mengalami komplikasi dalam memproduksi susu.

Bayi orang utan ini pun awalnya hanya akan diberi makan susu botol hingga 13 Januari. Sekarang bayi itu menerima perawatan terus-menerus dari staf kebun binatang yang mengenakan rompi berbulu untuk dia pegang saat mereka merawatnya.

Sejak bayi itu dirawat di kebun binatang, dia makan dengan baik dan sekarang beratnya hampir 2 kg. Hal ini disampaikan Bob Lessnau, wakil presiden dan kurator umum Audubon Nature Institute.

Anak orangutan minum susu botolAnak orang utan minum susu botol Foto: (dok Audobon Zoo)

Lessnau mengatakan dalam pernyataan bahwa bayinya dikenalkan dengan ke orang utan lain selama enam hingga tujuh jam setiap hari. Kelompok kera tampaknya tertarik dengan anggota mini terbaru mereka selama pemberian susu botol dan penggantian popok.

Adapun kabar terbaru dari Menari, dia sedang diberikan obat yang dapat membantu menjaga laktasi. Para ahli dari Rumah Sakit Anak New Orleans juga telah didatangkan untuk membantu menemukan cara untuk merangsang isapan bayi.

"Kami tidak tahu apakah dia (Menari) akan mempertahankan atau memulai kembali laktasi jika kami berhasil memperkenalkan kembali bayinya kepadanya," kata Bob McLean, dokter hewan senior di Audubon Zoo

Tapi masih ada harapan untuk Menari. Dia juga diasuh oleh manusia dan berhasil diperkenalkan kembali ke ibunya setelah delapan bulan. Sehat-sehat ya Menari.



Simak Video "Helikopter di California Jatuh, Seluruh Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA