Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 26 Jan 2022 16:05 WIB

TRAVEL NEWS

Di Bawah TWC, TMII Dirombak Jadi Etalase Megah Indonesia

Preskon restorasi dan revitalisasi TMII, Rabu (26/1/2022).
Preskon TMII, Rabu (26/1/2022) (Randy/detikTravel)

FOKUS BERITA

Wajah Baru TMII
Jakarta -

Sejak diambil alih oleh PT TWC Juli lalu, restorasi dan revitalisasi TMII terus dikebut oleh Pemerintah. Nantinya, jadi etalase megah Indonesia.

Hal itu pun diungkapkan oleh Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC), Edi Setijono dalam Coffee Morning di TMII, Rabu (26/1/2021). Diketahui, PT TWC adalah BUMN yang mengelola Candi Borobubur, Prambanan dan Ratu Boko.

"Kita ingat 2-3 bulan lalu, saat kami, dari TWC, dapat amanah dari Pemerintah untuk mengelola, dan saya ingat betul menyampaikan visioning baru TMII," ujar Edi.

"Kalau rekan media lihat spot rekonstruksi, ini kita sudah mulai. Kita kerja cepat betul. Pengelolaan untuk ke depan jadi satu destinasi kebanggaan baru Indonesia, The Ultimate Showcase of Indonesia Beauty," dia menambahkan.

Menggandeng KemenPUPR, stakeholder hingga tim arsitek kenamaan Han Awal yang dipimpin Yori Antar, Edi meyakinkan kalau nantinya TMII akan kembali mendapat rohnya seperti semangat awal almarhum bu Tien Soeharto di tahun 80-an.

"Kita semua komponen yang terlibat dalam revitalisasi ini menjunjung tinggi semangat almarhum bu Tien dan Presiden Kedua Soeharto, TMII sebagai destinasi yang luar biasa. Kita ingin mengembalikan rohnya," ujar Edi.

"Semua yang ada di TMII akan mengacu pada masterplan Pemerintah dan telah disetujui oleh semua stakeholder, dimana itu akan jadi dasar pengembangan," dia menambahkan.

Saat ini, perombakan besar-besaran memang telah dimulai di TMII. Namun, semangat untuk mengenalkan Indonesia lewat TMII tak akan hilang dan tetap dijadikan atraksi utama untuk wisatawan.

"Tak lagi taman hiburan, tapi central hub komunikasi bangsa kita. TMII ini gerbang masuk tamu negara dan wisatawan untuk mengenal Indonesia," pungkasnya.

Dalam proses pembangunannya, proyek restorasi dan revitalisasi ini mendapat suntikan dana hampir senilai Rp 1 triliun. Anggaran besar itu mencakup borongan tiga Dirjen berbeda di bawah KemenPUPR.

Sebelumnya, sempat viral video dan foto yang menampilkan kondisi TMII terkini yang terbengkalai. Hanya setelah konferensi pers hari ini, TMII kembali dibawa ke babak baru yang menawarkan perubahan.



Simak Video "Revitalisasi TMII Capai Rp 1,1 T, Jokowi: Tarifnya Jangan Mahal"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)

FOKUS BERITA

Wajah Baru TMII
BERITA TERKAIT
BACA JUGA