Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Jan 2022 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

Menengok Karantina Wajib 21 Hari di Hong Kong, Karantina Paling Ketat

Karantina wajib di Hong Kong
Tempat karantina wajib di Hong Kong (Foto: CNN)
Hong Kong -

Hong Kong masih menjadi salah satu destinasi yang melakukan aturan ketat terkait karantina wajib. Meski Anda negatif Covid, karantina selama 21 hari masih diwajibkan jika datang dari negeri zona merah.

Seperti diberitakan CNN, salah satu traveler ini sudah dites Covid dan hasilnya negatif. Ia tidak ada kontak dekat namun harus berakhir di kamp karantina pemerintah Hong Kong.

"Ketika saya pertama kali naik pesawat yang berangkat dari Hong Kong untuk mengunjungi keluarga saya di Amerika Serikat untuk liburan, saya tahu perjalanan saya kembali ke kota itu tidak akan mudah," kata dia.

"Tetapi saya tidak pernah berharap varian baru virus Corona muncul dan sebagai hasilnya saya akan dikirim ke kamp karantina pemerintah kota," imbuh dia.

Kembali pada bulan Oktober, saya siap untuk menjalani karantina wajib 21 hari di kamar hotel ketika saya kembali ke Hong Kong. Destinasi ini jadi salah satu dari sedikit tempat di dunia yang masih mengadopsi pendekatan nol-Covid.

Karantina wajib di Hong KongRegistrasi di Bandara Internasional Hong Kong (Foto: CNN)

Pada pertengahan Desember, varian tersebut terdeteksi di 77 negara dan menjadi strain paling dominan di AS. Kekhawatiran atas Omicron mendorong putaran baru pembatasan perjalanan di seluruh dunia, termasuk di Hong Kong.

"Tiga minggu sebelum saya dijadwalkan terbang keluar dari AS, pemerintah Hong Kong mengumumkan akan memberlakukan tindakan karantina "paling ketat" untuk pelancong yang datang dari AS setelah seorang pelancong (ya, hanya satu) dinyatakan positif Omicron," kata dia.

"Ini berarti saya harus menghabiskan empat hari pertama karantina di pusat karantina pemerintah alih-alih di hotel yang sudah saya pesan," imbuh dia.

Terletak jauh dari pusat kota, kamp karantina pemerintah Hong Kong di Penny's Bay menampung orang-orang yang pernah kontak dekat dengan kasus terkonfirmasi Covid-19 dan mereka yang datang dari negara berisiko tinggi pengimpor Omicron.

"Saya mendarat di Bandara Internasional Hong Kong pada 2 Januari. Setelah swab, kami menunggu hasilnya di Penny's Bay di dekat Disneyland Hong Kong," kata dia.

"Petugas mengingatkan saya bahwa jika saya melanggar perintah karantina, saya akan dikenakan hukuman penjara maksimal enam bulan dan denda HKD 25.000," imbuh dia.

Karantina wajib di Hong KongKarantina wajib di Hong Kong (Foto: CNN)

Kamar di kamp karantina wajib Hong Kong dilengkapi dua tempat tidur single dengan kasur tipis, bantal spons keras dan selimut, dua meja kecil dengan televisi kecil, ketel listrik, pengering rambut, dua kursi lipat plastik, lemari kain, meja samping tempat tidur, AC, dan pemanas air.

Yang karantina diizinkan membuka jendela hanya untuk mengambil makanan dan kebutuhan lain yang diantarkan, atau hanya untuk mencari udara segar.

Tiga kali makan disediakan setiap hari dalam kantong plastik (pagi, siang dan malam) dan ditinggalkan di nampan di luar jendela untuk saya kumpulkan. Melalui jendela yang sama, anggota staf menyeka hidung dan tenggorokan saya sebagai bagian dari persyaratan pengujian Covid-19 harian.

Selanjutnya, kapasitas kamp karantina wajib >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA