Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Jan 2022 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Cuaca Buruk, TN Kelimutu Ditutup Sementara

Danau Kelimutu
Ilustrasi danau 3 warna Kelimutu di NTT (Bekti Yustiarti/d'Traveler)
Ende -

Cuaca yang ekstrem dan tak menentu membuat Taman Nasional Kelimutu di NTT tutup sementara. Namun, penutupan hanya berlangsung dua hari saja.

Penutupan sementara Taman Nasional Kelimutu itu diketahui lewat surat edaran yang diunggah di laman Instagram BTN Kelimutu, hari Rabu (26/1/2022).

Dalam suratnya pihak BTN Kelimutu menjelaskan, bahwa penutupan sementara didasarkan pada bibit siklon tropis yang terjadi pada periode waktu tertera.

[Gambas:Instagram]



"Sobat Kelimutu, berdasarkan surat Deputi Bidang Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tanggal 26 Januari 2022 perihal Peringatan Dini Cuaca 26 Januari - 28 Januari 2022 terpantau adanya Bibit Siklon Tropis 91 W di Laut Sulu yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan Filipina bagian Selatan hingga laut Sulu," bunyi suratnya.

Merujuk pada informasi BMKG itu, hujan lebat hingga kilat dan petir disebut terjadi di sejumlah daerah termasuk NTT. Berdasarkan pengamatan petugas di lapangan, belakangan ini memang kerap terjadi hujan disertai angin kencang di TN Kelimutu dan berpotensi membahayakan pengunjung.

"Maka, bersama ini kami sampaikan penutupan kunjungan wisata mulai tanggal 27 Januari 2022 - 28 Januari 2022 dan akan dievaluasi lebih lanjut," bunyi informasi lengkapnya.

Kabar penutupan sementara Taman Nasional Kelimutu selama dua hari itu juga dikonfirmasi oleh sang kepala balai TN Kelimutu.

"Jadi hanya berlaku dua hari yakni mulai Kamis (27/1) hari ini sampai dengan Jumat (28/1) besok," kata Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu Hendrikus Rani Siga seperti dikutip detikTravel dari Antara.

Surat itu ditandatangani di Ende pada 26 Januari 2022 kemarin oleh Hendrikus Rani Siga.



Simak Video "Momen Jokowi-Iriana Nonton Slank Bareng Ribuan Warga di Ende NTT"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA