Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Jan 2022 14:30 WIB

TRAVEL NEWS

Sukabumi Punya Odeon Kampoeng Naga, Sandiaga: Terus Inovasi dan Kolaborasi

Siti Fatimah
detikTravel
Atraksi  Barongsai di peresmian Odeon Kampoeng Naga Sukabumi
Peresmian kampung Odeon Kampoeng Naga di Sukabumi (Siti Fatimah/detikcom)
Sukabumi -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Reatif Sandiaga Salahudin Uno meresmikan wisata tematik 'Odeon Kampoeng Naga' yang berlokasi di Jalan Pajagalan, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi pada Sabtu (29/1/2022).

Odeon Kampoeng Naga merupakan hasil kerja sama antara pemerintah kota Sukabumi dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang tinggal di kawasan Odeon. Dibentuk dengan tujuan untuk menambah destinasi wisata Kota Sukabumi sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Sandiaga Odeon Kampoeng Wisata itu diharapkan dapat menambah destinasi wisata, seni budaya, dan kuliner di Kota Sukabumi. Dia juga mengapresiasi pengurus Odeon Kampoeng Naga yang menjawab tantangan pariwisata di masa pandemi COVID-19 dengan langkah nyata.

"Saya Sandiaga Salahudin Uno, menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sangat mengapresiasi yayasan Odeon Kampoeng Naga yang telah membentuk Pokdarwis dengan peran strategis untuk mengembangkan serta mengelola potensi pariwisata dengan hari ini salah satu kampung Odeon Kampoeng Naga," kata Sandiaga Uno.

Dia juga berharap kampung tematik itu dapat mengikutsertakan masyarakat secara langsung dalam pengembangannya. Pada akhirnya, keberadaan wisata tersebut dapat bermanfaat bagi ekonomi masyarakat.

"Selain itu, besar harapan saya Odeon Kampoeng Naga dapat terus berinovasi dan berkolaborasi memberikan dampak positif bagi ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," kata Sandiaga.

Riuh rendah semarak penampilan barongsai hingga angklung mengiringi peresmian wisata kampung tematik 'Odeon Kampoeng Naga' di Jalan Pajagalan, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Penampilan barongsai ini terhitung yang pertama kali setelah pandemi COVID-19 merebak di Kota Sukabumi.

Masyarakat terlihat antusias menyaksikan penampilan barongsai di kawasan pecinan ini. Beberapa warga juga turut mengabadikan momen sambil berswafoto dengan barongsai tersebut.

Atraksi  Barongsai di peresmian Odeon Kampoeng Naga SukabumiAtraksi Barongsai di peresmian Odeon Kampoeng Naga Sukabumi Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Suasana semakin meriah dengan ornamen-ornamen yang menandakan hari raya Imlek tiba. Lampion-lampion terpasang disepanjang jalan Odeon dan beberapa bazzar mulai menjajakan dagangannya.

Salah satu pengurus Kelompok Sadar Wisat (Pokdarwis) Arieffin Natawijaya mengatakan penampilan barongsai dan angklung ini bertujuan untuk menyambut pejabat yang tiba di lokasi peresmian. Menurutnya, acara peresmian ini juga sekaligus meramaikan hari raya Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022.

"Iya, ini sebetulnya rangkaian acara di peresmian Odeon Kapoeng Naga makanya tidak hanya barongsai saja, ada angklung dan sakuraga. Penampilan barongsai sekaligus juga kita menyambut hari Imlek nanti. Tentu kita sangat bersyukur," kata Arief saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Sabtu (29/1/2022).



Simak Video "Pariwisata Membaik, Kemenparekraf Siapkan 1,1 Juta Lapangan Kerja Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA