Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 01 Feb 2022 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Buat MotoGP Mandalika, Kapal Laut Banyuwangi-Lombok Diperbanyak

Ardian Fanani
detikTravel
Selama PPKM Darurat, jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi mengalami penurunan drastis. Penurunan jumlah penumpang mencapai 80 persen jika dibandingkan sebelum pandemi.
Pelabuhan Ketapang (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

MotoGP Mandalika segera dihelat. Angkutan kapal laut pun bersiap dengan adanya penambahan armada di rute penyeberangan Banyuwangi-Lombok.

Jelang even balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, armada kapal yang melayani penyeberangan Ketapang-Lembar Lombok bakal ditambah. Tak hanya itu, kapal-kapal itu saat ini mulai dilakukan perawatan.

Ini sebagai bentuk pelayanan dan mengantisipasi terjadinya peningkatan penumpang menuju Lombok. Balap MotoGP bakal digelar pada tanggal 18 hingga 20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Diprediksi, menjelang pelaksanaan ajang bergengsi tersebut, akan terjadi peningkatan penumpang kapal lintas penyeberangan Ketapang-Lembar Lombok. Khususnya mereka yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Ketua DPD Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Jawa Timur, Sunaryo mengatakan, mendekati even MotoGP nantinya terjadi peningkatan penumpang kapal. Bisa dipastikan trip armada kapal akan ditambah menjadi 4 kali pemberangkatan dari kedua pelabuhan tersebut.

"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, kami bersama stakeholder pelayaran mulai melakukan perawatan armada kapal," kata Sunaryo saat dikonfirmasi, Senin (31/1/2022).

Untuk saat ini, kata Sunaryo, dalam sehari ada 3 unit kapal yang melayani penyeberangan Ketapang-Lembar. Masing masing berkapasitas 35-40 unit kendaraan campuran dan 500-600 orang penumpang pejalan kaki.

"Waktu tempuh perjalanan selama 12 jam dan waktu sandar kapal selama 8 jam di pelabuhan untuk bongkar muat," papar

Perbaikan akan dilakukan dibeberapa fasilitas kapal. Di antaranya perbaikan AC didalam kapal yang kurang dingin serta melakukan pembersihan toilet. Selain itu juga memperbaiki berbagai fasilitas kapal lainnya.

"Sehingga diharapkan para penumpang yang akan menonton MotoGP merasa terkesan dengan armada kapal yang mereka tumpangi," imbuhnya.

Sunaryo mengatakan, selain lintas Ketapang-Lembar, pihaknya juga melakukan perbaikan sarana prasarana armada kapal yang melayani lintas Ketapang-Gilimanuk, Bali.

"Karena dari evaluasi kami, kemungkinan akan banyak masyarakat yang menuju ke lokasi kegiatan MotoGP melewati pulau Bali sekalian untuk berlibur. Utamanya yang membawa kendaraan pribadi," tambahnya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mulai Sabtu (26/12/2020) lalu mulai melayani jasa penyeberangan feri jarak jauh Banyuwangi-Lombok. Kapal feri berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi langsung menuju Pelabuhan Lembar di Lombok dengan waktu tempuh selama 12 jam dan jarak tempuh 120 mil.

"Untuk sementara, lintas Ketapang-Lembar dilayani 3 kapal dan Lembar-Ketapang juga dilayani 3 kapal yang selama ini masih cukup untuk melayani kapasitas penumpang," pungkasnya.



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA