Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Feb 2022 09:20 WIB

TRAVEL NEWS

Garuda Terbang Bali-Jepang, Turis Asing Bisa Liburan Lagi

Turis asing kembali bisa terbang ke Bali pada 4 Februari 2022.
Turis asing yang tiba di Denpasar, Bali Kamis 3 Februari 2022 Foto: Kemenparekraf
Denpasar -

Turis asing kembali bisa terbang ke Bali pada 4 Februari 2022. Hal ini ditandai dengan mendaratnya penerbangan inagurasi oleh pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Narita, Jepang, ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyambut baik kedatangan wisman ke Bali. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baperekraf, Nia Niscaya, saat menyambut kedatangan wisman di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (3/2/2022), menyampaikan, pembukaan kembali pintu masuk Internasional bertujuan untuk memulihkan kembali perekonomian Bali yang terdampak pandemi COVID-19. Meski begitu prinsip kehati-hatian dalam mencegah penyebaran COVID-19 tetap dikedepankan.

"Terima kasih untuk maskapai Garuda, karena ini adalah wujud kolaborasi kami dengan Garuda untuk mewujudkan penerbangan Internasional ke Bali. Dengan beroperasinya penerbangan Internasional ke Bali, maka peluang peningkatan ekonomi nasional dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sudah di depan mata. Keputusan membuka kembali akses penerbangan ini bukan tanpa alasan. Pemerintah telah menimbang berbagai risiko dan potensi terkait pembukaan kembali pintu masuk Internasional di Bali," ujar Nia.

Nia menjelaskan, meski resmi dibuka kembali, namun pemerintah tetap memberlakukan persyaratan ketat bagi wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke Bali. Pemberlakuan syarat ini dilakukan untuk meminimalisir risiko penyebaran COVID-19, baik bagi wisatawan maupun masyarakat lokal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berharap pembukaan kembali Bali diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi Indonesia sehingga lapangan kerja semakin luas untuk rakyat.

"Penerbangan perdana Internasional ke Bali ini menjadi kebijakan yang tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat manfaat, serta dapat memahami kebutuhan masyarakat, khususnya pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga mengapresiasi kolaborasi yang baik antara berbagai lembaga atas berlangsungnya terobosan ini termasuk keterlibatan langsung Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Ditjen Imigrasi-Kemenhumham, Kemenkes, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan PT Angkasa Pura I.

"Saya mengapresiasi maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia yang mulai hari Kamis ini secara resmi mulai melayani penerbangan Narita - Denpasar yang dioperasikan dengan armada A330-300. Semoga dengan dibukanya akses pintu masuk Internasional di Bali ini bisa membangkitkan perekonomian kita," ujar Sandiaga.

Simak Video 'Penerbangan Internasional Bali Dibuka-Kasus Aktif Covid-19 Tembus 100 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]



(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA