Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 04 Feb 2022 11:42 WIB

TRAVEL NEWS

Angpau dan Budaya Tionghoa Lainnya yang Amat Berkesan buat Sandiaga

Kegiatan Festival Budaya Tionghoa di Medan
Menparekraf Sandiaga Uno hadir di Festival Budaya Tionghoa di Medan (Ahmad Arfah Fansuri/detikcom)
Medan -

Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri Festival Budaya Tionghoa di Medan, Sumatera Utara. Dalam acara itu, Sandi menyebut tiga hal yang selalu dia ingat tentang budaya Tionghoa.

"Ada tiga hal yang saya selalu ingat kalau bicara budaya Tionghoa," kata Sandi dalam sambutannya, Kamis (3/1/2022).

Sandi mengatakan jika berbicara tentang Tionghoa tidak terlepas dari angpau. Sandi mengatakan angpau ini berkaitan dengan budaya yang ada di Indonesia.

"Pertama mengenai Imlek selalu diasosiasikan dengan angpau. Kita melihat budaya Tionghoa ini menurut saya ada benang merahnya dengan budaya gotong-royong kita, kemudian silaturahmi," ujarnya.

Budaya Tionghoa yang selalu diingat Sandi yang kedua adalah mengajak makan. Sandi menyebut orang Tionghoa di dalam setiap pertemuan akan bertanya soal makanan.

"Budaya Tionghoa yang tidak pernah saya lupa adalah setiap kali saya bertemu dengan orang Tionghoa, pertanyaan pertama itu adalah udah ciak belum, udah makan belum," kata Sandi.

Hal yang ketiga selalu diingat Sandi ketika berbicara soal Tionghoa adalah kesehatan. Sandi menyebut orang Tionghoa selalu berbicara tentang kesehatan dan kesejahteraan.

"Ketiga adalah mengenai selalu budaya Tionghoa disaat festival bicara mengenai kesehatan dan juga mengenai keberkahan atau peningkatan kesejahteraan," ujar dia.

Acara festival yang digelar ini turut dihadiri Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan dan menampilkan kesenian Tionghoa mulai dari tarian hingga kaligrafi. Sandiaga berharap festival budaya Tionghoa seperti ini dapat meningkatkan daya tarik pariwisata.

"Acara ini harus menghadirkan sisi edukasi terkait sejarah, lingkungan dan budaya. Festival akan menjadikan kebangkitan ini menjadi real. Festival ini akan bisa menghidupkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandi.



Simak Video "Menparekraf Jawab Isu Larangan Konser hingga Akhir Desember 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA