Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 04 Feb 2022 20:52 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Macan Tutul Paling Langka dan Terkecil di Dunia

Macan tutul kecil Arab
Macan tutul kecil Arab (Foto: CNN)
Muskat -

Inilah kisah dari macan tutul terkecil dan paling langka di dunia. Ia bertahan hidup di pegunungan Oman.

Jenis kucing besar tapi terkecil di dunia ini tinggal di Cagar Alam Jabal Samhan. Itu terletak di pegunungan di Dhofar, Oman selatan yang jauh dari permukiman dengan kota terdekatnya yakni Salalah, yang menghadap ke Laut Arab.

Setiap tahun, dataran rendah gurun mengalami transformasi spektakuler, berubah menjadi hijau di musim panas dan dipenuhi dengan danau, sungai, dan air terjun sementara.

Tapi fenomena itu tidak menyentuh ketinggian. Di Jabal Samhan sendiri begitu gersang dan di sinilah rumah bagi macan tutul Arab.

"Dari delapan subspesies macan tutul di dunia, macan tutul Arab adalah salah satu yang paling langka, dan diperkirakan kurang dari 200 ekor dewasa hidup di alam liar," kata Urs Breitenmoser, ketua Cat Specialist Group di International Union for Conservation of Nature (IUCN), pada CNN.

Macan tutul kecil ArabMacan tutul kecil Arab (Foto: CNN)

Namun, angka itu tidak pasti karena data sulit didapat untuk makhluk yang sulit ditangkap ini. Mereka lebih sering dilihat melalui kamera jebakan daripada dengan mata telanjang.

Macan tutul pernah hidup di Semenanjung Arab, tetapi hari ini hanya ada di Oman, Yaman, Arab Saudi dan mungkin Israel karena tidak ada penampakan baru-baru ini di Arab Saudi atau Israel.

Konflik manusia-satwa liar, perburuan spesies mangsanya, dan hilangnya habitat adalah semua faktor dalam penurunan drastis macan tutul Arab.

Kucing besar ini rentan terhadap kepunahan, tetapi para konservasionis yang berdedikasi bekerja untuk memastikan kucing itu tidak bernasib sama dengan singa dan citah di wilayah tersebut.

Oman diperkirakan memiliki populasi macan tutul Arab terbesar dan Dhofar adalah rumah bagi sekitar 50 ekor dewasa yang tinggal di pegunungan Jabal Samhan, Jabal Qara dan Jabal Qamar, menurut Hadi Al Hikmani, manajer urusan lingkungan di Kantor Konservasi Lingkungan di Salalah, bagian dari Otoritas Lingkungan.

Macan tutul kecil ArabMacan tutul kecil Arab terancam punah (Foto: CNN)

Populasi tunggal terbesar terdiri dari 20 hingga 30 orang dewasa di dalam Cagar Alam Jabal Samhan seluas 4.500 kilometer persegi.

Mereka sangat pemalu. Seekor macan tutul dapat berkeliaran di lebih dari 150 kilometer persegi.

Secara historis, para penggembala meracuni, menembak, dan menjebak macan tutul untuk melindungi ternak mereka. Namun membunuh macan tutul atau mangsanya, seperti kijang Arab atau kijang Arab, kini ilegal di Oman sejak 1976.

Hari ini Oman berada di garis depan perlindungan macan tutul Arab. Pada tahun 2014, pemerintah meluncurkan program untuk memberikan kompensasi kepada petani atas ternak yang hilang.



Simak Video "Momen Saat Ratu Rimba Gunung Ciremai Dilepasliarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA