Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Feb 2022 07:19 WIB

TRAVEL NEWS

Kamu Mau Magang dan Penelitian di Taman Nasional Komodo? Ini Syaratnya

bonauli
detikTravel
Wisatawan melihat komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.
Taman Nasional Komodo (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta -

Taman Nasional Komodo membuka kesempatan untuk menerima traveler yang mau magang dan penelitian. Ini syaratnya.

Dikutip dari akun Instagram, Balai Taman Nasional Komodo magang dan penelitian itu disebutkan untuk mendukung peningkatan kualitas ilmu dan pengetahuan.

"Taman Nasional Komodo menekankan pentingnya interdisiplin keilmuan dan multikulturalisme untuk dapat mengoptimalkan kualitas pengelolaan. Kawasan ini tidak hanya membutuhkan kegiatan pendidikan dan pengetahuan di bidang kehutanan, namun juga berbagai bidang keilmuan lainnya," begitulah pengumumannya.

Meski membuka kesempatan sebesar-besarnya, BTN Komodo tetap akan menyeleksi permohonan penelitian dan magang dengan sangat ketat. Sementara itu, untuk biaya operasional akan menjadi tanggungjawab siswa/mahasiswa.

BTN Komodo menerima pemagang dari beberapa bidang atau jurusan. Untuk bidang jurusan kehutanan terdiri atas Manajemen Kawasan Konservasi, Manajemen Satwa Liar, Kebijakan Kehutanan dan Lingkungan, Ekologi Satwa Liar dan Tumbuhan, Perilaku Satwa Liar, Kualitas Pemanduan dan Interpretasi, juga Etika dan Psikologi Lingkungan

[Gambas:Instagram]

Tak hanya itu, jurusan lain juga dibutuhkan, seperti Komunikasi dan Sains Lingkungan, Ekologi Hutan dan Dendrologi, Kebakaran Hutan, Silvika dan Silvikultur, Agroforestry, Pengaruh Hutan, Pemantauan Kesehatan Hutan, Hasil Hutan Bukan Kayu, Genetika Hutan, Entomologi, Teknologi Kehutanan dan Lingkungan, serta Pemetaan dan Analisis Spasial Hutan. Sedangkan untuk Perikanan dan Kelautan, fokusnya kepada Iktiologi dan Tingkah Laku Ikan, Oseanografi, Biologi Laut dan Perikanan, Sumber Daya Perikanan dan Kelautan, serta Ekologi Perairan Pesisir dan Laut Tropis.

Dari jurusan Pariwisata dan Ekowisata terdapat fokus pada Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Alam, Analisa Dampak Ekowisata, Strategi Pengembangan Desa Wisata, serta Strategi Penguatan Organisasi dan Kelembagaan. Untuk topik Komunikasi terdiri atas Ekologi Manusia, Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, Gender dan Pembangunan, Sosiologi Pedesaan, serta Antropologi Sosial.

Kedokteran Hewan yang meliputi Parasitologi Veteriner, Zoonosis Satwa Liar, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Anatomi dan Fisiologi Satwa Liar, Pengelolaan Kesehatan Hewan dan Lingkungan, serta Patologi Satwa Liar. Untuk topik Ilmu Hukum termasuk Hukum Lingkungan, Sosiologi Hukum, Penegakan Hukum pada Kasus Perburuan Satwa Liar, serta Penegakan Hukum pada Kasus Kerusakan Ekosistem juga diterima BTN Komodo.

Terdapat pula topik Ilmu Ekonomi yang meliputi Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Ekonomi Politik dan Kebijakan Sumber Daya Alam, Ekonomi Politik Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Ekonomi Lingkungan, Ekonomi Biodiversitas, Ekonomi Ekowisata, juga Ekonomi Sumber Daya Perikanan. Untuk mengikuti magang dan penelitian ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Peserta wajib menyertakan dokumen permohonan kegiatan magang atau penelitian oleh mahasiswa kepada BTN Komodo, seperti surat permohonan penelitian, proposal penelitian, kartu tanda pelajar atau kartu tanda mahasiswa, serta transkrip nilai perkuliahan.

Permohonan yang disetujui akan diarahkan untuk presentasi secara online dan membuat Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) di Kantor BTN Komodo di Labuan Bajo.

Dokumen tersebut wajib dikirimkan paling lambat tujuh hari kerja sebelum jadwal kedatangan ke alamat email komodonationalpark1980@gmail.com.

Dasar aturan merujuk pada Peraturan Direktur Jenderal PHKA No: P.7/IV-SET/2011 tentang Tata Cara Masuk Kawasan Suaka Alam, Kawasan Pelestarian Alam, dan Taman Buru. Kesempatan ini dibuka sepanjang tahun. Program ini terbuka juga untuk pascasarjana S2 dan S3.

Lihat juga video 'Langkah Ngebut RI Susun AMDAL TN Komodo untuk Dikirim ke UNESCO':

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA