Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Feb 2022 17:17 WIB

TRAVEL NEWS

Perhatian, Baduy Ditutup Selama 3 Bulan

Fathul Rizkoh
detikTravel
Rumah Adat Suku Baduy Banten
Rumah adat Suku Baduy, Banten (Foto: Istimewa)
Lebak -

Desa wisata Baduy ditutup selama tiga bulan. Mereka akan mengadakan aneka ritual.

Tempat wisata perkampungan Suku Baduy di Lebak harus ditutup sementara selama tiga bulan. Pasalnya, warga suku Baduy tengah melaksanakan ritual Kawalu dimulai tanggal 5 Februari hingga 5 Mei 2022.

Perkampungan yang ditutup diantaranya Kampung Cibeo, Cikeusik, dan Cikawartana. Penutupan kawasan Baduy tertuang dalam Surat Edaran Nomor 430/01/Pem-Des/2001/02/2022.

"Berdasarkan keputusan Lembaga Adat Tangtu Tilu Jaro Tujuh, menutup kawasan Baduy dari pengunjung selama ritual Kawalu," ucap Jaro Saija, salah satu perangkat adat di Baduy kepada detikcom melalui sambungan telepon, Sabtu (5/1/2022).

Ritual Kawalu selalu dilakukan selama satu tahun sekali pada 1 kalawu tembey sampai dengan 1 Safar. Ritual ini dijalankan sebelum upacara Seba Baduy.

Penutupan desa Suku BaduyPenutupan desa Suku Baduy Foto: Istimewa

"Iya kita seperti puasa, untuk berdoa. Jadi tidak diperbolehkan pengunjung masuk ke kawasan Baduy dalam," ucapnya.

Sementara perkampungan Baduy Luar masih bisa dikunjungi. Perkampungan yang dibolehkan dari Ciboleger sampai ke perkampungan Gajeboh. Namun, harus mendapat izin dari pemerintah adat setempat.

"Yang ditutup sementara itu Baduy Dalam, tapi kalau berkunjung ke Baduy Luar masih dibolehkan. Hanya tamu dari instansi pemerintah, atau tamu yang ingin penelitian itupun dibatasi satu atau dua orang," pungkasnya.



Simak Video "Banjir Terjang Wilayah Baduy: Jembatan Rusak, Longsor Melanda"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA