Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Feb 2022 18:14 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Satu-Satunya Negara ASEAN yang Tak Pernah Dijajah

Bangkok, Thailand at the Temple of the Emerald Buddha and Grand Palace.
Foto: Negara Thailand (Getty Images/iStockphoto/SeanPavonePhoto)
Jakarta -

Ada satu negara anggota ASEAN yang tak pernah merasakan penjajahan. Negara tersebut memiliki julukan negeri gajah putih.

Ya, negara itu adalah Thailand. Jumlah negara ASEAN sendiri ada 10, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Kamboja, Laos, Myanmar, Brunei Darussalam dan Vietnam.

Thailand menjadi negara yang berbentuk monarki konstitusional. Apa itu? Monarki Konstitusional merupakan bentuk pemerintahan di mana kekuasaan raja dibatasi oleh konstitusi atau undang-undang.

Menurut Buku Penunjang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial karangan Mapata, Thailand merupakan buffer state atau negara pemisah. Maksudnya adalah negara yang berada di antara dua penjajah, yaitu imperialisme Inggris di Myanmar dan imperialisme Prancis di Vietnam, Kamboja dan Laos.

Pertimbangan wilayah geografis itulah yang membuat Thailand tak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Selain itu, Thailand juga disebut sebagai Negeri Pagoda karena memiliki keindahan alam yang beragam.

Ada banyak gunung di bagian sebelah utara. Titik tertingginya adalah Doi Ithanon dengan ketinggian mencapai 2.567 meter.

Sementara, di bagian timur terdapat pegunungan Koral yang sebelah timurnya dibatasi Sungai Mekhong. Pada bagian tengah, wilayah Thailand didominasi Sungai Chao Phraya.

Melansir website resmi Kementerian Luar Negeri, negara dengan ibukota Bangkok ini memiliki masyarakat dengan mayoritas beragama Buddha, yaitu 87,2%. Sementara agama islam 12 %, Kristen 0,7% dan lainnya 0,3%.

Hubungan Indonesia dan Thailand sendiri sudah berlangsung sejak zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Melalui pertukaran peradaban, masyarakat dari kedua negara ini sudah tergabung melalui seni budaya, agama, arsitektur dan karya sastra.

Sementara, kerja sama antara Indonesia dan Thailand telah berlangsung sejak tanggal 7 Maret 1950, yaitu di bidang ekonomi, perdagangan, iptek hingga budaya. Hubungan ini pun diperluas lagi dengan adanya saling kunjung antara pemimpin kedua negara.



Simak Video "Ada Layanan Pijat Gratis Bagi Pewarta Asean Para Games Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA