Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Feb 2022 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 7 Negara yang Terima Wisatawan Belum Vaksin

bonauli
detikTravel
Wisata Portugal
Wisata Portugal (iStock)
Jakarta -

Sejumlah negara mulai melonggarkan aturan perjalanan saat pandemi virus Corona. Ini dia tujuh negara yang membuka gerbang negara bagi turis yang belum vaksin Covid-19.

Pandemi membuat traveling jadi berbeda. Tak bebas seperti dulu, kebijakan protokol terus berubah demi berdampingan dengan Covid-19.

Banyak negara yang hidup dari pariwisata sehingga mau tak mau tetap membuka diri dan menyambut turis. Meski di tengah pandemi, mereka tetap menerima wisatawan untuk membantu perekonomian.

Ada berbagai kebijakan yang diterapkan, mulai dari PCR, karantina hingga vaksin. Kini yang paling sering digaungkan adalah kewajiban vaksin.

Dilansir dari Times of India, ada tujuh negara yang masih menerima wisatawan tanpa vaksin.

Berikut negara-negara yang membuka pintu bagi turis yang belum vaksin Covid-19:

1. Yunani

Traveler yang mau liburan ke Yunani akan diminta untuk mengisi formulir Passanger Locator. Formulir ini harus diisi selambat-lambatnya sehari sebelum kedatangan.

Formulir ini akan berisi informasi terperinci mengenai lokasi keberangkatan wisatawan dan durasi tinggal di negara lain.

Selain formulir ini, traveler juga akan diminta untuk menyerahkan hasil tes Covid-19 negatif yang diperoleh dalam waktu 72 jam setelah tiba di Yunani.

"Turis yang masuk ke Yunani tidak perlu vaksin. Menyerahkan vaksinasi akan sangat memudahkan prosedur pada saat kedatangan. Namun, dalam kasus apa pun sertifikat vaksinasi atau antibodi tidak dianggap sebagai paspor," begitulah pengumuman dari pemerintah Yunani.

2. Portugal

Wisata PortugalWisata Portugal Foto: iStock

Portugal terbuka untuk pengunjung yang tidak divaksinasi. Turis hanya perlu memberikan bukti tes PCR dengan hasil negatif yang diambil dalam waktu 72 jam dari kedatangan.

Kalau mau antigen juga bisa, syaratnya diambil 48 jam setelah kedatangan. Wisatawan juga harus menyerahkan kuesioner perjalanan sebelum keberangkatan.

Yang perlu traveler pastikan sebelum berwisata ke Portugal adalah dokumen untuk keberangkatan pesawat. Meskipun negara ini tidak memerlukan sertifikat vaksin, namun beberapa maskapai dengan rute Portugal masih membutuhkannya.

3. Kroasia

Kroasia juga jadi negara yang tidak butuh sertifikat vaksin dari wisatawan. Turis yang datang hanya perlu memberikan bukti tes negatif Covid-19 yang diambil dalam waktu 72 jam setelah kedatangan.

Untuk traveler yang menggunakan tes antigen, juga bisa. Bukti negatif tes antigen harus dilakukan dalam waktu 48 jam setelah kedatangan.

Wisatawan bahkan dapat masuk ke Kroasia dengan surat keterangan dokter yang membuktikan bahwa mereka telah sembuh dari Covid-19. Turis hanya perlu menyerahkan hasil tes positif antara 11 dan 180 hari sebelum kedatangan.

4. Turki

Turki memang memberikan syarat sertifikat vaksin untuk pelancong yang masuk ke sana. Tapi ternyata, ada aturan tertentu yang memperbolehkan turis masuk tanpa sertifikat vaksin.

Wisatawan hanya perlu menunjukkan bukti tes PCR negatif yang diambil 72 jam sebelum kedatangan mereka. Kalau mau antigen juga bisa, kamu bisa menjalani tes antigen dalam waktu 48 jam setelah kedatangan mereka.

Untuk wisatawan yang pernah kena Covid-19 bisa menunjukkan bukti bahwa mereka telah pulih dalam enam bulan terakhir. Selanjutnya, turis akan diminta untuk menunjukkan formulir online yang diisi 72 jam sebelum perjalanan. Kamu juga berpeluang untuk menjalani pemeriksaan medis tanpa sertifikat vaksin.

Lihat juga video 'Dipecat Jika Belum Divaksin, Ratusan Orang di New York Demo':

[Gambas:Video 20detik]



(Halaman selanjutnya>>>)

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA