Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Feb 2022 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita Penguin Sesama Jenis Menetaskan Telur di New York

Syanti Mustika
detikTravel
Eks Menag Malaysia Sebut Penguin Lucu dan Halal Dimakan, Warganet Kaget
Ilustrasi penguin ( Getty Images/World of Buzz)
New York -

Ada fenomena menarik di salah satu kebun binatang New York. Mereka memiliki penguin sesama jenis yang bisa menjadi induk angkat bagi bayi penguin lain.

Diberitakan Travel+Leasure, Jumat (11/2/2022) Kebun Binatang Rosamond Gifford di Syracuse, New York mempunyai sepasang penguin sesama jenis yang mengerami telur. Kini, mereka menyambut satu telur pertama yang menetas setelah dierami oleh kedua penguin jantan ini.

Penguin jantan ini bernama Elmer dan Lima. Mereka berhasil menetaskan telur pada tanggal 1 Januari. Anak penguin ini menetas dengan berat 8 ons.

"Telur itu dirawat oleh Elmer dan Lima, yang melakukan pekerjaan dengan baik," kata Direktur Kebun Binatang Rosamond Gifford, Ted Fox.

Ted juga mengatakan bahwa penguin yang memelihara telur bukanlah fenomena asing. Sebab, beberapa penguin berkembang biak memiliki kecenderungan untuk secara tidak sengaja memecahkan telurnya sendiri.

Elmer dan Lima, pasangan asuh sesama jenis pertama di Kebun Binatang Rosamond itu, tidak langsung dipercaya jadi induk angkat. Mereka diuji lebih dulu.

Duo penguin itu harus membuktikan kemampuan mengasuh anak pada telur tiruan lebih dulu. Barulah, kemudian mendapatkan kesempatan menjadi induk asuh yang sesungguhnya.

"Beberapa pasangan, ketika diberi telur palsu, akan duduk di sarang tetapi meninggalkan telur di samping dan tidak mengeraminya dengan benar. Atau, mereka akan memperebutkan siapa yang akan duduk di atasnya," kata Fox.

Kini, Elmer dan Lima menjadi teladan dalam setiap aspek perawatan telur. Keduanya berpasangan di musim gugur, membangun sarang, dan mempertahankan wilayah mereka, memberi isyarat kepada kebun binatang bahwa mereka mungkin siap menjadi orang tua penguin.

Pasangan penguin jantan ini termasuk di antara 28 penguin Humboldt yang memang menjadikan kebun binatang sebagai rumah. Elmer menetas di Kebun Binatang Rosamond pada tahun 2016, sementara Lima menyusul pada tahun 2019.

Dua penguin ini adalah pasangan asuh sesama jenis pertama Rosamond namun bukan di dunia. Beberapa kebun binatang lain telah menemukan kesuksesan yang sama dengan orang tua asuh penguin sesama jenis.

Di Valencia, Spanyol, sebuah akuarium melihat Electra dan Viola, sepasang penguin betina, menjadi orang tua asuh tahun lalu.

"Pembentukan pasangan sesama jenis umum terjadi pada lebih dari 450 spesies hewan dan terjadi baik di kebun binatang maupun di alam," kata perwakilan akuarium di bonbin itu saat itu.



Simak Video "Lihat Aksi Fitri Carlina Goyang Times Square New York"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA