Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Feb 2022 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Penerapan PPKM level 3, Jumlah Wisatawan Kawah Putih Menurun

Yuga Hassani
detikTravel
Objek wisata di Bandung.
Foto: Kawah Putih (gemabayu48/d'Traveler)
Jakarta -

Penerapan PPKM Level 3 di Bandung berimbas pada berkurangnya jumlah wisatawan objek wisata Kawah Putih. Penurunan wisatawan tersebut terjadi hingga 50 persen.

Pengelola Kawah Putih, Ari Kurniawan, mengatakan, penerapan PPKM level tiga efeknya begitu terasa bagi sektor wisata. Kata dia, penurunan jumlah pengunjung terasa pada libur akhir pekan dan hari-hari kerja.

"Biasa 2500 sekarang mungkin 1200 (akhir pekan). Kalau weekdaynya turunnya lebih fantastis turunnya bisa ke angka 500-600 sekang cuman 200," ujar Ari saat dikonfirmasi, Senin (14/2/2022).

Ari menuturkan bahwa kondisi penurunan tersebut terjadi juga pada tahun 2020 silam. Apalagi, kata dia, dahulu tidak banyak anak umur 12 tahun bisa masuk tempat wisata.

"Kurang lebih sama penurunannya, karena memang tidak banyak yang umur 12 tahun boleh masuk protokol kesehatan tetap terapkan namun isunya kenceng ya mungkin pengunjung di Jakarta khawatir," jelas Ari.


"Wajib pedulilindungi. Itu masih diperketat sesuai SE, kami ditunjuk jadi 20 lokasi wisata pertama dibuka. Harapannya mudah-mudahan pandemi segera usai, tidak sampai berdampak kepada ekonomi masyarakat, karena memang ada ribuan masyarakat sekitar wisata yang bergantung kepada obyek wisata," jelasnya.
Ia menambahkan, mengenai protokol kesehatan (Prokes) terus dilakukan oleh Kawah Putih.

Menurutnya hal tersebut sesuai dengan intruksi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)."12 tahun boleh. Tapi masih turun, karena pasarannya biasanya Jakarta, dan Jakarta sedang kenceng kasus Covid nya," tambahnya.

"Yang sekarang datang didominasi sama rombongan, hitungan kami karena memang kaya travel sudah terlanjur pesan wayahna, jalan kalau mobil pribadi minim. Bis kebanyakan," pungkasnya.



Simak Video "Situasi di Objek Wisata Nuansa Riung Gunung Pangalengan Sejak PPKM"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA