Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 15 Feb 2022 18:33 WIB

TRAVEL NEWS

Hotel di Gili Lombok Masih Sepi Peminat Buat Nonton MotoGP

Ilustrasi Pulau Gili di Lombok, Nusa Tenggara Barat
Gili Trawangan, Lombok (Foto: Rachman/detikcom)
Jakarta -

Hotel-hotel yang ada di tiga gili Lombok masih sepi peminat untuk penonton MotoGP. Namun, pemesanan kamar yang ada di sekitar Mandalika sudah mencapai 52%.

"Menurut info dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB,Yusron Hadi,pada acara "Rapat Koordinasi Alternatif Akomodasi Penyelenggaraan MotoGP Tahun 2022" yang diselenggarakan pada 9 Februari 2022 di kantor ITDC mengatakan bahwa tingkat keterisian kamar masih 52%. Sehingga masih tersedia kamar bagi calon pengunjung di NTB," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam temu wartawan mingguan, Senin (14/2/2022).

"Di 3 Gili pun tersedia sekitar 5.600-an kamar dan masih banyak kamar yang belum dipesan untuk event MotoGP," imbuh dia.

Lalu, sudah sejauh mana persiapan akomodasi MotoGP karena baru 24.000 kamar yang sudah siap, padahal pengunjung diperkirakan mencapai 100.000. Bagaimana update kapal atau hotel terapung?

"Pemerintah melalui Kemenparekraf dan pemerintah daerah NTB akan terus berkolaborasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti PHRI untuk memetakan sebaran akomodasi di NTB," terang dia

"Itu termasuk tingkat okupansinya guna mengantisipasi lonjakan kebutuhan kamar hotel, homestay, dan sarhunta," kata Sandiaga

Lebih lanjut, ada opsi penambahan akomodasi telah disiapkan di antaranya melalui penyediaan hotel terapung berkolaborasi dengan PELNI dan Pelindo, operator kapal pesiar, dan operator kapal phinisi, pemanfaatan hunian di sekitar Mandalika yang layak dan balai-balai pelatihan milik kementerian/lembaga, penyiapan camping ground bekerja sama dengan operator seperti Eiger dan BoboBox, serta opsi akomodasi di Bali.

"Untuk camping ground yang rencananya akan dibangun di zona barat dan timur Mandalika, saat ini pemerintah tengah mematangkan konsep penempatan camping ground tersebut. Mudah-mudahan ini dapat segera kita rampungkan, mengingat perhelatan MotoGP yang sebentar lagi akan dilaksanakan," kata dia.

"Kemenparekraf juga akan memastikan verifikasi CHSE pada sarhunta yang telah dibangun KemenPUPR," kata dia lagi.



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA