Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 15 Feb 2022 11:45 WIB

TRAVEL NEWS

Harga Kamar-Rental Mobil Jadi Rp 8 juta per Hari saat MotoGP Mandalika?

Foto udara kompleks salah satu hotel di Kuta Beach Park the Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (14/9/2021). Di kawasan lingkar sirkuit Mandalika terdapat sejumlah penginapan berbagai tipe mulai dari tipe penginapan yang murah berjenis homestay dengan tarif berkisar mulai Rp55 ribu hingga Rp700 ribuan per malam dan tipe penginapan yang premium seperti hotel-hotel berbintang dengan kisaran tarif lebih mahal mulai dari Rp800 ribuan hingga Rp3 jutaan per malamnya. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.
Hotel di Mandalika, Lombok (Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Jakarta -

Perhelatan MotoGP Mandalika tinggal menunggu hari. Harga kamar dan sewa mobil dikabarkan naik drastis hingga mencapai Rp 8 juta per hari.

Bahkan, akan ada peraturan gubernur untuk mengantisipasi lonjakan tak terkendali terkait akomodasi dan transportasi. Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskannya dalam temu wartawan mingguan, Senin (14/2/2022).

"Gili harga kamarnya sekitar Rp 1 juta. Kemarin saya mendapat laporan hotel-hotel di sekitar Mandalika naik menjadi Rp 8 juta per malam dan transportasi juga Rp 8 juta per hari untuk sewa mobil," kata dia.

"Nah ini nanti akan diatur oleh pergub yang akan memberikan ambang batas atas untuk biaya kamar per malam dan biaya transportasi di zona utama, satu dan penyangga," imbuh dia.

"Jadi saya mengantisipasi tidak akan ada kenaikan yang terlalu signifikan di gili," kata dia lagi.

Hinggi kini, kata Sandiaga, pemerintah terus memastikan kesiapan akomodasi yang mumpuni. Mereka akan berkolaborasi dengan PHRI untuk mengatur ketersediaan kamar dan mengantisipasi lonjakan.

"Transportasi juga diantisipasi agar tersedia dan harganya tidak melonjak," tegas dia.

"Tambahan akomodasi akan kita dorong, mulai dari hotel terapung, glamping, kapal pesiar, live on board, camper van, balai pelatihan, hingga camping ground di Mandalika di zona barat dan timur," kata Sandiaga.

Per 9 Februari tingkat keterisian kamar baru 52%. Jadi masih ada ruang dan tentunya pemerintah berharap tidak pihak yang menumpuk kamar-kamar hotel dan ditingkatkan harganya.

"Jadi semuanya sedang menunggu peraturan gubernur bahwa kamar hotel harus ada batas atasnya dan juga transportasi," ujar Sandiaga.



Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA