Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 16 Feb 2022 14:25 WIB

TRAVEL NEWS

Boleh Nggak Sih Ngasih Makan Satwa di Taman Safari Bogor?

Syanti Mustika
detikTravel
Taman Safari Indonesia Bogor kembali dibuka untuk wisatawan. Meski begitu kawasan wisata itu dibuka secara terbatas karena Bogor masih terapkan PPKM level 3.
Boleh enggak sih memberi makan satwa di Taman Safari Bogor? (ARIF FIRMANSYAH)
Bogor -

Banyak traveler yang bingung soal boleh tidaknyanya memberi makan hewan di Taman Safari. Seperti apa aturannya?

Traveler yang pernah berkunjung ke Taman Safari tidak asing dengan pemandangan warga berjualan wortel di sepanjang jalan menuju tempat wisata di Puncak, Bogor, Jawa Barat itu. Wortel itu bukan untuk menjadi oleh-oleh, tetapi dijajakan sebagai 'bekal' traveler sebelum memasuki Taman Safari.

Untuk apa? Rupanya lumrah aksi pengunjung Taman Safari menyodorkan wortel kepada hewan di sana.

Padahal, di Taman Safari ditemukan papan-papan pemberitahuan dan peringatan kepada pengunjung agar tidak memberi makan satwa. Salah satunya, di Safari Journey.

"Untuk area Safari Journey memang ada beberapa satwa yang diperbolehkan untuk diberi makan. Namun, namun ada juga beberapa satwa yang tidak boleh diberi makan sehingga kami berikan pemberitahuan berupa papan," begitulah penjelasan Taman Safari Bogor dalam keterangan tertulisnya kepada detikcom.

"Selain itu, seluruh kawasan di awasi oleh CCTV dan setiap area ada petugas yang mengawasi aktivitas satwa (keeper)," begitulah keterangan lanjutannya.

Pengunjung Taman Safari Bogor memberi makan singa AfrikaPengunjung Taman Safari Bogor memberi makan singa Afrika Foto: Dok Taman Safari Indonesia

Taman Safari juga memberi tanggapan mengenai banyaknya warga yang berjualan wortel di sepanjang jalan ke Taman Safari. Mereka mengatakan bahwa ada koordinasi dan edukasi yang diberikan kepada warga mengenai pakan hewan.

"Tentu ada koordinasi karena ada satwa yang memang boleh diberi makan oleh pengunjung. Bahkan banyak hal yang dilakukan oleh Taman Safari untuk mengangkat perekonomian masyarakat," keterangan dari Taman Safari.

"Menjual wortel hanya salah satunya saja. Masyarakat yang menjual wortel untuk pakan satwa juga diberikan edukasi dan arahan. Contohnya, seperti wortel tidak boleh diikat menggunakan plastik harus menggunakan bahan yang mudah hancur seperti bambu," Taman Safari menuliskan.

Taman Safari BogorTaman Safari Bogor Foto: Tiara Rosana/detikcom

Taman Safari Bogor adalah salah satu destinasi favorit yang selalu ramai dikunjungi turis karena memang sangat cocok untuk liburan keluarga. Untuk mengawasi pengunjung dan hewan di Taman Safari, mereka menggunakan papan pemberitahuan untuk pengunjung dan meletakan para keeper di beberapa titik.

"Bagi satwa yang tidak boleh diberi makan oleh pengunjung ada papan pemberitahuan dan keeper stand by mengawasi," tutupnya.

Nah, terjawab kan pertanyaan traveler?



Simak Video "Gage Puncak Berlaku, Terkecuali Kendaraan Bantuan Gempa Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA