Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Feb 2022 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Moy... Kini, Si Amoy Singkawang Sudah Jadi Wali Kota

Walikota Singkawang Menjalankan Ibadah Malam Imlek di Vihara Tri Dharma Bumi Raya
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Singkawang -

Amoy Singkawang adalah pahlawan bagi keluarga mereka. Si Amoy bahkan sekarang sudah menjadi wali kota. Sosok Amoy itu adalah Tjhai Chui Mie.

Amoy adalah sebutan atau panggilan bagi gadis muda Tionghoa yang belum menikah. Selama ini, kota Singkawang di Kalimantan Barat dikenal dengan julukan sebagai kota Amoy.

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie bahkan menyebut Amoy-amoy Singkawang sebagai pahlawan. Mereka menjadi pahlawan bagi keluarganya, demi meningkatkan taraf hidup dan perekonomian.

Chui Mie pun memberi pujian bagi para Amoy dan menyebut mereka sebagai penyelamat keluarga. Sambil berseloroh, Chui Mie bahkan menyebut sekarang si Amoy sudah jadi wali kota.

"Amoy Singkawang luar biasa, penyelamat keluarga. Kalau sekarang, tentu bergeser ya, karena Amoy-nya sudah menjadi wali kota. Jadi, jangan pikir yang aneh-aneh," Chui Mie berseloroh saat berbincang dengan detikTravel di kantornya beberapa waktu lalu.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (17/2/2022), Tjhai Chui Mie adalah wanita pertama yang menjabat sebagai wali kota Singkawang. Politisi PDIP ini mulai menjabat pada tahun 2017 silam.

Sebelum menjabat sebagai walikota, wanita kelahiran 1972 ini pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Singkawang (2009-2014) dan anggota DPRD Kota Singkawang (2014-2016). Tahun ini menjadi tahun terakhir Chui Mie menjabat sebagai walikota.

Di sisa masa jabatannya, Chui Mie masih menyisakan beberapa PR, yaitu membangun infrastruktur penunjang pariwisata, antara lain membangun bandara dan tiga pintu gerbang wisata.

"Mengenai infrastruktur, seperti bandara, kita sudah land clearing dan menghabiskan anggaran sebesar Rp 110 miliar dan sudah siap dibangun runway," kata Chui Mie.

"Kemudian, yang akan kita bangun lagi, tiga pintu gerbang. Pintu gerbang dari Sambas masuk ke kota Singkawang yang bernuansa Melayu. Kemudian yang dari Bengkayang masuk ke Singkawang bernuansa Dayak. Kemudian yang Pontianak masuk Singkawang adalah nuansa Tionghoa," dia menambahkan.

Selain itu, Chui Mie juga akan membangun Masjid Raya yang lokasinya berada di depan Kantor Wali Kota Singkawang.

"Yang lagi proses dan harus selesai adalah Masjid Agung yang ada di depan kantor Wali Kota, dengan biaya kurang lebih Rp 50 Miliar. Ini yang harus diselesaikan di akhir tahun 2022. Mohon doanya, semoga apa yang kami rencanakan, yang kami targetkan, bisa selesai tepat waktu," kata dia.

Simak Video 'Wali Kota Singkawang Sebut Amoy Sebagai Pahlawan Keluarga' di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA