Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Feb 2022 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Upacara Melukat yang Dijalani Pevita Pearce Bukan Pindah Agama

Putu Intan
detikTravel
Pevita Pearce
Pevita Pearce menjalani Melukat. Foto: Instagram/@pevpearce
Jakarta -

Aktris Pevita Pearce diketahui telah menjalani Melukat yang merupakan upacara dalam Hindu Bali. Namun upacara ini bukan berarti ia pindah agama.

Pevita mengunggah beberapa foto ketika dirinya menjalani Melukat di akun Instagram pribadinya @pevpearce. Melalui caption pada postingan itu, Pevita menjelaskan kesannya setelah Melukat.

"Yang dapat saya katakan adalah...ini telah menjadi perjalanan yang indah. Semua sudah pada tempatnya dan seharusnya. Saya tidak dapat lebih bersyukur, " tulisnya.

"Ada perubahan pada mental-emosi-perjalanan spiritual saya dan saya bersyukur sekarang saya dapat menerimanya dan dapat memandang seluruh situasi dengan banyak cinta dan kasih sayang. 2022 baru aja dimulai tapi uda banyak shifting yang menarik," tulisnya lagi.

[Gambas:Instagram]



Postingan Pevita lantas mendapatkan beragam komentar dari netizen. Beberapa mempertanyakan perpindahan agama Pevita.

Namun Pevita mengatakan ia tak pindah agama. Ini merupakan prosesnya menyembuhkan trauma.

"Btw ini prosesi dealing with trauma (menghadapi trauma). No, I'm not converting (Tidak, saya tidak pindah). Chill (Santai)," kata dia dalam komentar.

Melukat pada dasarnya merupakan upacara membersihkan pikiran dan jiwa secara spiritual. Melukat berasal dari kata Sulukat, di mana 'su' artinya baik dan 'lukat' yang berarti penyucian.

Manusia memiliki sifat kotor dan perlu dibersihkan. Upacara Melukat sendiri menjadi sebuah persiapan bagi manusia untuk kembali bersih dan memulai kehidupan baru.

Tahapan upacara ini dipimpin oleh pemuka agama Hindu atau pemangku yang memberikan mantra-mantra pada orang yang mengikuti upacara ini. Setelah pemantraan, orang tersebut akan dipercikkan atau disiram air kelapa gading.

Kemudian, orang tersebut melakukan ritual mandi di tempat yang mengandung mata air. Bisa juga dilakukan di laut, danau, sungai, atau pemandian yang dikeramatkan.

Sebelumnya, artis Ariel Tatum juga pernah melakukan upacara ini. Melukat dapat dilakukan siapapun tidak terbatas pada golongan tertentu.



Simak Video "Momen Pevita Pearce Ziarah ke Makam Ayah di Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA